5 Pelatih Debutan di Liga 1, Juru Taktik PSM Bernardo Tavares Paling Fenomenal

PSM Makassar

5 Pelatih Debutan di Liga 1, Juru Taktik PSM Bernardo Tavares Paling Fenomenal

Abadi Tamrin - detikSulsel
Selasa, 27 Sep 2022 15:22 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan sebelum menghadapi Persik Kediri
Bernardo Tavares. Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Ada 5 pelatih debutan di Liga 1 2022/2023 hingga memasuki pekan ke-11. Sosok pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menjadi yang paling fenomenal dengan sukses membawa Juku Eja tak terkalahkan di Liga 1 saat ini.

Sebanyak 7 pelatih asing berguguran di Liga 1 sejauh ini. Namun beberapa pelatih debutan masih tetap bertahan, salah satunya Bernardo Tavares.

Liga 1 dikenal kejam bagi pelatih asing. Panasnya kursi pelatih tidak melulu soal prestasi. Seperti halnya yang dialami Milomir Seslija.


Meski berhasil membawa Borneo FC bertengger di papan atas klasemen Liga 1, ia tetap saja didepak manajemen Pesut Etam.

Liga 1 juga tak memandang pelatih yang berpengalaman di kompetisi Indonesia atau tidak. Contohnya ada beberapa pelatih debutan yang menuai sukses sejauh ini:

Berikut 5 Pelatih Debutan di Liga 1 2022/2023 (hingga pekan ke-11):

1. Bernardo Tavares (PSM Makassar)

Sebagai pelatih debutan di Indonesia, Bernardo Tavares mampu melampaui capaian pelatih lainnya yang memiliki jam terbang di Liga 1.

Pelatih asal Portugal itu bahkan sukses meracik PSM dengan skuad non unggulan menjelma menjadi kandidat juara Liga 1 musim ini. Di bawah kendali Bernardo, PSM tampil matang. Kekuatan Juku Eja tampak merata di semua lini.

Mantan pencari bakal pelatih top sekelas Jose Mourinho itu juga jeli memilih pemain. Ia tak segan memberikan kesempatan kepada pemain muda yang notabene belum memiliki pengalaman bermain di Liga 1.

Dikontrak PSM sejak 10 April 2022, Bernardo mengangkat PSM duduk di posisi ke-2 klasemen Liga 1 dengan mengoleksi 21 poin. Juku Eja bahkan menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan sejauh ini.

2. Thomas Doll (Persija Jakarta)

Dalam sepuluh pertandingan awal di Liga 1 musim 2022/2023, Persija Jakarta mencatatkan hasil impresif. Macan Kemayoran berhasil meraih 6 kemenangan, 3 imbang, dan 1 kalah.

Sejak ditunjuk mengarsiteki Persija pada 23 April 2022, Thomas Doll membawa Macan Kemayoran tidak terkalahkan dalam 9 laga terakhir. Lini pertahanan Persija juga tampil solid sejauh ini dengan menjadi tim yang paling sedikit kebobolan bersama PSM dan Madura United (5 gol).

Hingga memasuki pekan ke-11 Liga 1, Thomas Doll mengantar Persija Jakarta naik ke posisi 4 klasemen dengan poin 21. Raihan poin Macan Kemayoran sama dengan PSM dan Bali United di posisi kedua dan ketiga.

3. Luis Milla (Persib Bandung)

Berbeda dengan Bernardo Tavares dan Thomas Doll, Luis Milla mengarsiteki Persib Bandung bukan sejak awal musim. Pelatih asal Spanyol itu masuk menggantikan Robert Rene Alberts yang didepak di pekan ke-3 Liga 1 2022/2023.

Perekrutan Luis Milla pun tergolong berhasil, mantan pelatih timnas Indonesia ini mengangkat Persib naik ke posisi 8 klasemen dengan 16 poin. Sebelumnya Persib Bandung terjerembab ke zona degradasi karena tidak pernah menang di awal Liga 1.

Dalam 3 pertandingan terakhir, Luis Milla mengantar Persib Bandung selalu menang. Lawan yang dihadapi pun tergolong tim kuat, seperti saat menang di markas Arema FC dengan skor 2-1. Kemudian menang mencolok 5-2 atas Barito Putera dan mengalahkan Rans Nusantara dengan skor 2-1.

Simak selengkapnya pelatih debutan di Liga 1 2022/2023 di halaman berikutnya.



Simak Video "Dirut LIB Belum Bisa Pastikan Kapan Liga 1 Kembali Kick Off"
[Gambas:Video 20detik]