Analisa Penyebab Shin Tae-yong Hanya 15 Menit Turunkan Pemain PSM Sananta

Indonesia Vs Curacao

Analisa Penyebab Shin Tae-yong Hanya 15 Menit Turunkan Pemain PSM Sananta

Alfiandis - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 13:16 WIB
Striker PSM Ramadhan Sananta memulai debut di Timnas Indonesia melawan Curacao
Striker PSM Ramadhan Sananta memulai debut di Timnas Indonesia melawan Curacao. Foto: Dok. PSSI
Makassar -

Ramadhan Sananta menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday menghadapi Curacao. Namun penyerang PSM Makassar tersebut hanya bermain 15 menit karena pelatih Shin Tae-yong membutuhkan striker pemantul.

"Kalau di Timnas saya lihat, disamping jadi target man, dia (Ramadhan Sananta) juga harus jadi pemantul. Kadang kala dia harus sendiri back pass atau umpan segitiga itu," kata pengamat sepak bola, Syamsuddin Umar kepada detikSulsel, Senin (26/9/2022).

"Ada dua hingga tiga orang second line masuk ke jantung pertahanan lawan. Seperti (Marc) Klok dan lainnya, ini yang harus bisa diperankannya," sambungnya.


Asisten Pelatih Indonesia era Peter Withe itu menjelaskan, gol-gol timnas lahir dari kolaborasi pemain depan dan lini tengah. Seperti gol Marc Klok pada menit ke-18, yang menerima umpan dari Dimas Drajad yang berposisi sebagai striker.

Namun setelah Sananta masuk di menit 70' menggantikan Dimas Drajad, Syamsuddin Umar menilai, taktik yang diinginkan Shin Tae-yong tidak berjalan maksimal. Bahkan beberapa momen, Klok salah umpan ke Sananta karena terjadi miss komunikasi.

"Saya lihat kolaborasi umpan banyak ke Klok. Makanya, saat itu dia (Ramadhan Sananta) main sebagai pengganti kemudian diganti lagi, karena tidak berjalan (strateginya)," paparnya.

Pelatih yang sukses membawa PSM juara liga musim 1999/2000 itu berharap, Sananta dapat cepat beradaptasi dengan pola permainan yang diinginkan Shin Tae-yong. Syamsuddin Umar yakin Sananta bisa melakukan itu dengan potensi yang ditunjukkannya bersama PSM Makassar.

"Jadi perlu adaptasi lagi untuk bagaimana mencari pola atau desain atau gaya seperti yang dimainkan di Timnas," tuturnya.

"Kita berharap mudah-mudahan ini anak (Ramadhan Sananta) terus belajar. Ia punya potensi, punya bakat dan dia tipikalnya memang striker murni. Nah itulah yang diharapkan kenapa dipanggil sama Shin Tae-yong," tutup Syam.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan kembali menghadapi Curacao pada FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9) pukul 21.00 Wita.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)