Peluang Yakob-Sananta Dimainkan Hadapi Persis Solo Usai Bela Timnas

PSM Makassar

Peluang Yakob-Sananta Dimainkan Hadapi Persis Solo Usai Bela Timnas

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 08:00 WIB
Pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) dihadang pesepak bola Kedah Darul Aman Malaysia Khairu Azrin (kanan) saat pertandingan Semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (9/8/2022). PSM Makassar berhasil mengalahkan Kedah Darul Aman dengan skor 2-1 dan lolos ke final zona ASEAN Piala AFC 2022. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Makassar -

Peluang 2 Penggawa PSM Makassar Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta membela timnya melawan Persis Solo di pekan ke-11 BRI Liga 1 musim 2022/2023 masih dalam tanda tanya. Keduanya masih berada di skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan melakoni laga FIFA Matchday.

Mereka masih akan membela skuad Garuda senior di FIFA Matchday pada laga kedua melawan Timnas Curacao, di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9). Sementara Juku Eja akan menjalani laga away melawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo, Surakarta dua hari berikutnya.

"Saya tak tahu jika Yakob Sayuri akan dimainkan lagi pada laga tanggal 27 September nanti. Kami harus melupakan Yakob Sayuri pada laga melawan Persis Solo karena mustahil, dia bukan robot ataupun mesin," kata pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares di Stadion Kalegowa, Minggu (25/9/2022).


Jika keduanya bermain penuh hingga akhir babak kedua bersama Skuad Garuda, maka pelatih asal Portugal tersebut secara tegas tidak akan memaksakan mereka untuk bermain lawan Persis Solo.

Bernardo secara terang-terangan mengakui rasa tidak senang melihat pemainnya tersebut bermain penuh hingga 90 menit. Pasalnya, selepas dari Timnas Indonesia, giliran Juku Eja yang akan melakoni laga berat melawan Persis Solo.

"Tapi juga saya tak senang, kenapa? karena Yakob Sayuri memberi performa bagus juga Ramadhan Sananta selama waktu yang didapatkannya. Saya tak punya masalah dengan pelatih dan menganggapnya berkualitas yang telah melakukan kerja bagus di tim nasional," tegasnya.

Pelatih berliseni UEFA Pro ini menjelaskan, dengan menggunakan formasi 3-5-2 membutuhkan stamina lebih. Oleh sebabnya, Jika Yakob masih bermain full di laga terakhir Timnas Indonesia maka cukup riskan memaksakan pemainnya tersebut bermain di laga away nanti.

Bernardo mengatakan, penting bagi pelatih STY melakukan rotasi melihat skuad yang dipanggil untuk membela tim Garuda memiliki kualitas yang sama baiknya, hanya saja membutuhkan jam terbang.

"Saya pikir, jika menganalisis formasi dengan tiga atau lima bek, bek sayapnya apalagi punya bek sayap berkualitas dan tim nasional punya bek sayap berkualitas, normalnya tak harus bermain selama 90 menit," tandasnya.

Kendati demikian, Bernardo tetap merasa bahagia dengan performa Yakob Sayuri bersama tim Garuda Senior yang terlihat tidak kelelahan meski mem-backup lini serang dan pertahanan. Dia menegaskan, fisik Yakob Sayuri cukup stabil meski bermain penuh hingga akhir pertandingan.

"Namun saya sangat bahagia bisa bermain 90 menit di laga kemarin. Ini juga menjadi bukti bahwa performa dan stamina Yakob bisa meng-cover laga full dengan juga bertugas sebagai wing back. Ini pastinya membutuhkan stamina yang sangat besar mereka haus naik turun," tegas Bernardo.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/asm)