Bernardo Utak-atik Komposisi Pemain Jelang PSM Lawan Persis Solo

PSM Makassar Vs Persis Solo

Bernardo Utak-atik Komposisi Pemain Jelang PSM Lawan Persis Solo

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 07:00 WIB
Persik Kediri bermain imbang 0-0 melawan PSM Makassar. Wiljan Pluim sukses melewati penjagaan pemain belakang Persik.
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares harus mengutak-atik komposisi pemainnya saat melakoni laga tandang melawan Persis Solo di pekan ke-11 BRI Liga 1 musim 2022/2023. Absennya Wiljan Pluim dan Agung Mannan membuat Bernardo mencari pengganti sepadan keduanya.

PSM Makassar dijadwalkan akan melakoni laga away melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Surakarta pada Kamis (29/9/2022).

"Kami akan bermain dengan 11 pemain. Kami punya banyak pemain yang telah bermain di posisinya (Agung Mannan). Pemain lain juga sedang berlatih untuk posisi itu. Agung Mannan tak bisa bermain tapi pemain lain akan bermain," kata Bernardo Tavares sebelum latihan di Stadion Kalegowa, Minggu (25/9).


Bernardo tidak akan memainkan bek andalannya tersebut setelah mendapat larangan bermain akumulasi kartu kuning. Hasilnya, opsi Safrudin Tahar, Samuel Christianson dan satu pemain muda jadi opsi pengganti Agung.

"Saya sudah siapkan pemain di situ (di posisi Agung). Saya lagi lihat perkembangan," terangnya.

Tak hanya Agung, kapten Wiljan Pluim juga dipastikan absen akibat hukuman larangan bermain 5 laga bersama Juku Eja. Kondisi ini semakin memperumit kondisi Bernardo yang kehilangan beberapa pilarnya.

Meski bukan kali pertama tak diperkuat pemain asal Belanda tersebut, tidak hadirnya Pluim di lini tengah tim Ramang cukup terasa. Pasalnya, sosok Pluim yang dapat mengatur ritme dan aliran bola ke lini depan belum tergantikan.

Seperti di laga away terakhir melawan Dewa United (15/9) lalu, Juku Eja terlihat kesulitan memainkan bola di area tengah, sementara Kenzo Nambu cukup kesulitan berkembang.

Tak hanya kedua pemain tersebut yang akan absen lantaran akumulasi kartu. Dua penggawa Juku Eja yang bergabung ke Timnas Indonesia yakni Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta jugabelum bisa dipastikan dimainkan melawan Persis Solo. Situasi tersebut membuat Bernardo mencari opsi lain.

"Saya tak tahu jika Yakob Sayuri akan dimainkan lagi pada laga tanggal 27 September nanti. Kami harus melupakan Yakob Sayuri pada laga melawan Persis Solo karena mustahil, dia bukan robot ataupun mesin," paparnya.

Untuk posisi Yakob nama Rizky Eka Pratama bisa jadi opsi lain. Sementara kembalinya Everton nascimento yang sempat absen beberapa saat lagi menjadi angin segar.

Kendati demikian, pelatih berusia 42 tahun ini masih optimis dengan 11 pemain yang akan diturunkan melawan Laskar Sambernyawa.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/asm)