Tanpa Wiljan Pluim, Kreasi Serangan PSM Lawan Dewa United Jadi Monoton

PSM Makassar

Tanpa Wiljan Pluim, Kreasi Serangan PSM Lawan Dewa United Jadi Monoton

Abadi Tamrin - detikSulsel
Jumat, 16 Sep 2022 18:47 WIB
Wiljan Pluim telah mengikuti latihan PSM Makassar
Foto: (Instagram PSM Makassar)
Makassar -

PSM Makassar ditahan imbang Dewa United pada pekan ke-10 Liga 1 2022/2023. PSM yang tidak diperkuat Wiljan Pluim membuat permainan menjadi monoton.

"PSM seperti kehilangan kreator serangan. Polanya monoton dengan mengandalkan serangan balik dan kesulitan menembus pertahanan Dewa United," kata Pengamat Sepak Bola, Hanafing kepada detikSulsel, Jumat (16/9/2022).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (15/9) malam, PSM harus bermain tanpa Wiljan Pluim karena disanksi Komdis PSSI. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1.


PSM hanya bisa mencetak melalui titik putih melalui Yuran Fernandes menit ke-38. Sementara Dewa United membalas melalui Majed Osman melalui permainan open play pada menit 61'.

Secara statistik, PSM hanya bermain dengan 31 persen ball possesion berbanding 69 persen Dewa United. Tim Juku Eja juga hanya melepaskan 10 tembakan dengan 4 tembakan yang mengarah ke gawang lawan.

"Serangan-serangan yang dibangun PSM jadi mudah dibaca pemain belakang lawan. Permainan direct pass yang jadi andalan PSM tidak jalan," paparnya.

Instruktur pelatih PSSI ini menjelaskan, tanpa Pluim menjadi kehilangan besar buat PSM. Sebab, jika pemain asal Belanda itu bermain, dapat merusak konsentrasi pemain belakang lawan yang menggalang pertahanan.

"Pluim ini memiliki peran sebagai distribusi bola. Kehadirannya akan menarik 2-3 pemain belakang lawan. Nah, saat ini terjadi, maka ada area kosong yang dapat dimanfaatkan pemain PSM lainnya," jelasnya.

Selain itu, lanjut mantan pelatih PSM tersebut, Pluim juga memiliki kemampuan dalam mencetak gol. Di Liga 1 musim ini, pemain 33 tahun itu telah mencetak 3 gol dan 2 assist.

"Dia (Pluim) tidak hanya piawai memberi umpan dan mengontrol permainan. Kemampuannya dalam mencetak gol juga sangat bagus," kuncinya.

Saat ini, Pluim telah bermain sebanyak 6 laga. Sepanjang penampilannya ia melepaskan 9 tembakan dengan 5 di antaranya on target. Pluim juga melepaskan 192 umpan dengan 130 umpan sukses.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)