Statistik PSM Permalukan Persib di Laga Debut Luis Milla

PSM Makassar

Statistik PSM Permalukan Persib di Laga Debut Luis Milla

Alfiandis - detikSulsel
Selasa, 30 Agu 2022 09:40 WIB
Pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kiri) berusaha melewati pesepak bola Persib Bandung Dedi Kusnandar (kanan) pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Senin (20/8/2022) malam. PSM Makassar Menang melawan Persib Bandung dengan skor 5-1. ANTARA FOTO/HO/PSM/ABHE/hp.
PSM Makassar menang 5-1 melawan Persib Bandung. Foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE
Parepare -

PSM Makassar berhasil mempermalukan Persib Bandung dengan skor mencolok 5-1 di pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/2023. Kemenangan ini sekaligus menodai debut pelatih baru mereka Luis Milla.

PSM Makassar meraih kemenangan telak atas Maung Bandung di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Senin (29/8/2022).

Lima gol PSM dicetak oleh Yakob Sayuri di menit 2' dan 51', Ramadan Sananta menit 19' dan 46', serta satu gol Wiljan Pluim menit ke-65'. Sementara satu gol Persib di cetak oleh Marc Klok di menit ke-32.


Meski tidak didampingi langsung pelatih baru mereka Luis Milla, yang mendadak sakit jelang laga. Tetapi Persib mendominasi jalannya laga dibanding tuan rumah PSM.

Secara statistik, Persib berhasil melepaskan 446 umpan dengan akurasi 83 persen. Sementara PSM yang tidak dominan menguasai bola melepaskan 310 umpan dengan akurasi hanya 74 persen.

Persib juga tercatat menguasai bola hingga 62 persen. Sedangkan tuan rumah PSM Makassar hanya 38 persen.

Kendati demikian, tim asuhan Bernardo Tavares nyatanya lebih efektif dalam melancarkan serangan. Memanfaatkan serangan balik dengan kecepatan lini sayap antara Yakob Sayuri dan Dzaky Asraf, PSM melepaskan 14 tembakan sementara Persib hanya 10 shot.

Hasilnya, Wiljan Pluim cs berhasil melepaskan 9 tendangan tepat sasaran dan 5 di antaranya berbuah gol. Sementara Persib hanya melepaskan 2 tendangan terarah dengan 1 di antaranya berhasil.

Kondisi ini menandakan jika Juku Eja lebih efektif dibandingkan Maung Bandung dalam hal menciptakan peluang. Di tambah lagi saat Yakob Sayuri membuka keunggulan PSM di awal babak pertama.

Pelatih Bernardo Tavares mengatakan kemenangan timnya tak lepas dari dukungan suporter yang memadati stadion sejak awal. Hal ini melecut semangat pemainnya meraih kemenangan meski kalah penguasaan bola.

"Kemenangan ini saya kira berkat dukungan suporter, kita bisa lihat dukungan suporter mulai dari menit pertama sampai menit akhir. Suporter kita memenuhi stadion dan memberikan dukungan tanpa henti," jelas Bernardo Tavares usai laga, Senin (29/8).

Sementara, Asisten pelatih Persib Bandung Budiman Yunus mengatakan, jika kekalahan timnya tak lepas dari absennya bek andalan mereka Nick Kuipers. Hasilnya membuat PSM lebih mudah menembus pertahanan Persib yang dikawal Achmad Jufriyanto dan Rachmat Irianto.

"Emang dengan tidak adanya Nick (Kuipers) di pertahanan kita agak kurang kuat, karena Nick adalah satu pemain yang betul-betul diandalkan untuk mengantisipasi bola-bola atas," tegasnya.



Simak Video "Umuh Muchtar Bicara Nasib Persib di Tengah Kompetisi Tak Tentu"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/tau)