Liga 1

Rans Vs PSM di Liga 1: Duet Menjanjikan Kenzo-Everton di Lini Depan

Alfiandis - detikSulsel
Minggu, 14 Agu 2022 07:00 WIB
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Skuad PSM Makassar di partai semifinal AFC Cup 2022 Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Makassar -

Dua penggawa asing PSM Makassar Kenzo Nambu dan Everton Nascimento bisa jadi alternatif pelatih Bernardo Tavares di lini depan. Kedua striker skuad Juku Eja ini bisa dipadukan dalam laga melawan Rans Nusantara FC di pekan keempat Liga 1 musim 2022/2023.

PSM Makassar dijadwalkan melakoni laga away menghadapi Rans FC pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/8/2022). Pengamat sepak bola Budiardjo Thalib mengatakan, memainkan duet Kenzo dan Everton sejak menit awal bisa jadi strategi yang diambil pelatih Bernardo Tavares.

"Kalau saya pikir Kenzo dimainkan di menit awal tidak ada masalah. Siapa tahu dengan strategi dua striker di depan, mungkin strateginya buat Kenzo dan Everton," terang Budiardjo Thalib saat kepada detikSulsel, Jumat (12/8).


Kenzo sendiri belum mendapatkan menit bermain lebih di kompetisi tertinggi Indonesia tersebut. Pemain berkebangsaan Jepang ini baru pulih dari cedera yang dialaminya.

Meski menjadi pemain pengganti di beberapa laga, Kenzo sering kali menjadi pembeda di lini depan tim Ramang. Terbukti, saat PSM menjamu Persija Jakarta di pekan ketiga Jumat (5/8) lalu, Kenzo mencetak satu gol, meski laga berakhir imbang 1-1.

Kenzo baru diberi kesempatan bermain lebih awal di partai semifinal AFC Cup 2022 melawan Kedah FC pada Selasa (9/8). Alhasil, dirinya bersama Everton silih berganti menebar ancaman di area kotak penalti lawan. Tercatat, PSM melepaskan 20 tembakan 6 di antaranya on target.

Budiardjo menilai, keduanya bisa jadi striker berkelas di lini depan Juku Eja jika sering mendapatkan kepercayaan main bersama. Namun, Kondisi ini lebih dulu harus dibangun di sesi latihan sehingga chemistry kedua pemain tersebut terbangun.

"Tinggal bagaimana kerja sama timnya di pertandingan nanti. Inilah yang dibuat di latihan sehingga mereka berdua bisa berjalan dengan bagus dan menjadikan striker berkelas di depan," tegasnya.

Sejauh ini, kedua pemain telah mengemas masing-masing 1 gol di kompetisi Liga 1. Everton yang merupakan pemain kelahiran Brasil mencetak gol perdananya ke gawang bali United yang mengantarkan PSM meraih tiga poin, sedangkan Kenzo mengemas satu gol kala bermain seri dengan Persija Jakarta.

Kendati demikian, Kenzo Nambu yang sering kali bermain sebagai pemain pengganti tak terlepas dari salah satu taktik pelatih Bernardo Tavares. Sehingga keputusan tersebut harus dihargai.

"Saya pikir Kenzo bagus juga namun Bernardo Tavares selalu memainkan di babak kedua atau tidak starting karena ada keinginan yang harus dia (Bernardo Tavares) buat, ada strategi yang harus dia buat," tutupnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)