Liga 1

Rans Nusantara Vs PSM Makassar, Ujian Mental Juku Eja di Tengah Jadwal Padat

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 13 Agu 2022 09:15 WIB
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Foto: PSM Makassar Vs Kedah Darul Aman. (Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim)
Makassar -

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares diingatkan untuk menjaga mentalitas anak asuhnya menjelang laga melawan Rans Nusantara FC. Apalagi skuad Juku Eja masih dihantui problem pemulihan fisik di tengah jadwal padat kompetisi yang dijalaninya.

"Cuman bagaimana konsistensi pemain harus dijaga mentalnya," ucap pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, Bernardo punya tantangan berat dalam situasi ini. Belum lagi PSM Makassar sedang dalam tren positif di Liga 1 hingga lolos final AFC Cup 2022 zona ASEAN.


Di tengah dua kompetisi tersebut, pelatih PSM Makassar punya tantangan untuk mengatur strategi terutama komposisi pemain yang akan diturunkan di tiap laga.

"Bagaimana pelatih mengatur taktik dan strategi," lanjut Assegaf.

Diketahui PSM Makassar akan meladeni Kuala Lumpur City FC dalam laga final AFC Cup Zona ASEAN 2022 pada Rabu (24/8). Namun sebelum itu, skuad Juku Eja akan menjalani laga di Liga 1 lebih dulu.

PSM Makassar diketahui bakal bertanding melawan Rans FC dalam laga pekan keempat Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/8). Pasukan Ramang akan tampil sebagai tim tamu melawan Rans FC.

Assegaf menilai PSM Makassar masih lebih unggul dibanding Rans FC. Lolosnya Pasukan Ramang di final AFC diakui menjadi modal kepercayaan diri PSM merebut 3 poin di kandang lawan.

"Menurut saya, saya lebih unggulkan PSM daripada Rans," ucap Assegaf.

Sejauh ini PSM Makassar belum sekalipun kalah dari 3 laga di Liga 1. Tren positif ini setelah mencatat dua kali kemenangan dan satu kali imbang.

Namun Assegaf mengingatkan agar para pemain PSM tidak larut dalam euforia atas capaiannya di kompetisi AFC. Melihat PSM telah menemukan kepercayaan diri mengarungi kompetisi AFC dan Liga 1 musim ini.

"Cuman PSM tidak boleh lengah, artinya kepercayaan diri PSM saya rasa sudah bagus sekali," tandas Assegaf.

Secara statistik, PSM masih jauh lebih unggul dari Rans FC. Saat ini PSM berada di peringkat 4 klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 7 poin. Sedangkan Rans FC di posisi 14 dengan mengumpulkan 2 poin.

Namun, PSM Makassar harus tetap mewaspadai kebangkitan Rans FC meski Cristian Gonzales dkk belum sekalipun meraih kemenangan. Tim besutan Rahmad Darmawan dinilai memiliki motivasi lebih mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

"Kebangkitan Rans ini harus diantisipasi, dan itu harus kita jaga bagaimana pemain ini tidak lengah dan harus siap menghadapi Rans nanti," jelasnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)