Klasemen Sementara Liga 1: PSM Turun ke Peringkat 4 usai Digeser Borneo FC

Alfiandis - detikSulsel
Sabtu, 13 Agu 2022 11:54 WIB
Pemain PSM Makassar latihan di Stadion Kalegowa sebelum berangkat ke Parepare
Foto: PSM Makassar. (Dok. PSM Makassar)
Makassar -

PSM Makassar harus turun ke peringkat 4 klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023. Skuad Juku Eja yang sebelumnya berada di peringkat ketiga, digeser Borneo FC yang lansung naik ke posisi dua.

Borneo FC naik peringkat usai meraih kemenangan atas tuan rumah Persik Kediri dengan skor tipis 1-2 di pekan keempat Liga 1, Jumat malam (12/8). Sebelum laga tersebut, Borneo masih berada di peringkat keempat.

Sementara PSM yang baru menjalani tiga laga di kompetisi Liga 1 harus turun satu peringkat ke posisi 4 dengan poin 7 dari hasil 2 kemenangan dan satu kali imbang.


Sementara Madura United tetap bertengger di puncak klasemen dengan raihan poin 9 setelah menyapu bersih laga dengan kemenangan. Sejauh ini tim berjuluk Pesut Etam tersebut menjadi klub tersubur, dengan raihan 12 gol dan satu kali kebobolan dari tiga laga yang dijalani.

Persikabo yang juga turun satu peringkat ke posisi 3 klasemen usai digeser Borneo FC lantaran kalah agregat gol, dengan mengemas 10 gol dan 5 kali kebobolan.

Sementara Persikabo mengemas 6 gol dan satu kali kebobolan dari tiga laga. Namun kedua tim memiliki poin yang sama. Pasalnya, Borneo FC sempat mengalami kekalahan atas Barito Putra dengan skor 3-1, Sabtu (30/7) lalu.

Tim besutan Bernardo Tavares yang baru akan menjalani pekan keempat menghadapi Rans Nusantara pada Senin (15/8) pekan nanti, berpotensi turun hingga ke peringkat 5 klasemen melihat selisih yang terpaut 1 poin. Kemenangan atas Rans FC menjadi modal wajib bagi PSM agar kembali naik ke persaingan papan atas klasemen.

"Ini pertandingan yang memang kita butuhkan kemenangan kalau mau masih tetap di atas, Cuman bagaimana konsistensi pemain harus dijaga mentalnya, bagaimana pelatih mengatur taktik dan strategi," terang pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Kamis (11/8/2022).

Namun, PSM Makassar harus tetap mewaspadai kebangkitan Rans FC meski Cristian Gonzales dkk belum sekalipun meraih kemenangan. Tim besutan Rahmad Darmawan dinilai memiliki motivasi lebih mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

"Kebangkitan Rans ini harus diantisipasi, dan itu harus kita jaga bagaimana pemain ini tidak lengah dan harus siap menghadapi Rans nanti," jelasnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/sar)