Liga 1

Duel Rans Vs PSM di Liga 1: Adu Ketajaman Bomber Brasil

Alfiandis - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 07:58 WIB
Aksi Striker PSM Makassar, Everton Nascimento saat melawan Persita Tangerang
Aksi Striker PSM Makassar, Everton Nascimento saat melawan Persita Tangerang Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Duel bomber asal Brasil bakal tersaji saat Rans Nusantara menjamu tamunya PSM Makassar pada pekan keempat Liga 1 musim 2022/2023. Striker Juku Eja, Everton Nascimento akan saling beradu kualitas dengan rekan senegaranya Wander Luiz yang memperkuat Rans FC.

PSM Makassar akan melakoni laga away menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/8/2022). Bomber asing milik skuad Ramang, Everton Nascimento menjadi tumpuan di lini depan untuk membobol gawang Rans FC.

"PSM ini banyak pemain yang luar biasa di situ pemain asingnya, terutama ada Pluim ada Everton," terang pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Kamis (11/8).


Tak hanya pertemuan perdana kedua tim, dua bomber asing asal Brasil milik kedua tim, juga akan saling menunjukkan kualitasnya dalam pertandingan. Duo pemain Brasil, Everton dan Luiz bakal adu ketajaman.

Kendati demikian, Everton masih lebih baik dibanding Wander Luiz. Pasalnya dari 3 laga yang telah dijalani PSM, Everton telah mencetak satu gol. sementara Wander Luiz yang memainkan dua game belum mencatatkan namanya di daftar pencetak gol.

Apalagi pemain Rans FC bernomor punggung 9 tersebut selalu mengisi bangku cadangan. Bahkan Wander Luiz sering kali digunakan pelatih Rahmad Darmawan sebagai pemain pengganti.

Hasilnya, pemain berusia 30 tahun ini tidak tampil maksimal karena kurang mendapatkan tempat. Dari dua kali bermain sebagai pemain pengganti, Wander Luiz hanya melakukan 10 upan dengan 8 umpan terarah. Alhasil dirinya hanya mampu melesatkan satu tendangan ke gawang dari 2 percobaan.

Catatan ini berbanding terbalik saat dirinya mengenakan seragam Persib Bandung di musim 2020-2021. Dirinya tercatat mampu menorehkan 10 gol dari 20 penampilannya bersama Maung Bandung.

Sementara Everton yang baru merasakan atmosfer sepak bola Indonesia, lebih baik di bandingkan rekan senegaranya tersebut. Pemain berusia 29 tahun ini telah mencetak satu gol, dari tiga penampilannya bersama tim Ramang.

Pemain dengan tinggi 186 cm tersebut juga lebih efektif. Pasalnya selain fokus menyerang, Everton sering kali membantu lini pertahanan. Tercatat, pemain bernomor punggung 10 ini melakukan 5 intersep dan 1 asisst.

Razak menegaskan, efektifitas Everton dalam mencetak bola saat menjamu Rans FC, tergantung dari pelatih Bernardo Tavares meracik strategi. Pasalnya, pemain yang pernah membela klub Bahrain, Al-Hidd ini terlihat lebih bermain kedalam, guna membuka ruang bagi rekannya Wiljan Pluim untuk mencetak gol.

"Jadi saya rasa ini tergantung bagaimana pelatih nanti taktik dan strateginya mengatur bagaimana menghadapi Rans, karena PSM sudah melihat pasti bagaimana kekuatan Rans dimana kelemahan pasti pelatih sudah lihat," tegasnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)