Liga 1

PSSI Istirahatkan Asisten Wasit Laga PSM Vs Persija di Liga 1

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 11 Agu 2022 11:30 WIB
PSM Makassar Vs Persija Jakarta dalam laga pekan ke-3 BRI Liga 1 di Stadion BJ Habibie, Parepare. (Ibnu Munsir/detikSulsel)
Foto: PSM Makassar Vs Persija Jakarta dalam laga pekan ke-3 BRI Liga 1 di Stadion BJ Habibie, Parepare. (Ibnu Munsir/detikSulsel)
Makassar -

Komite Wasit PSSI menghukum sejumlah wasit utama dan asisten wasit di Liga 1. Mereka yang dihukum salah satunya wasit yang memimpin duel PSM Makassar vs Persija Jakarta.

Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh mengatakan, mereka yang diistirahatkan karena dinilai kurang baik saat memimpin pertandingan. Salah satu pertandingan yang menjadi perhatiannya adalah saat duel PSM vs Persija.

"Asisten wasit dan AAR (asisten wasit tambahan atau additional assistant referee) kita istirahatkan 2 sampai 3 bulan," kata Ahmad Riyadh dikonfirmasi detikSulsel, Kamis (11/8/2022).


Ahmad Riyadh menjelaskan, secara keseluruhan hingga memasuki pekan ke-4 Liga 1 musim ini, sebanyak 5 wasit dibina kembali tanpa penugasan, 3 asisten wasit, dan 4 AAR. Hanya saja, Ahmad Riyadh enggan membeberkan nama-nama wasit dan asisten wasit yang dihukum tersebut

"Istilahnya mereka diistirahatkan memimpin untuk memberi kesempatan meningkatkan kompetensinya," paparnya.

Jika merujuk satu laga saat PSM vs Persija saja, pada pertandingan tersebut dipimpin oleh wasit Iwan Sukoco dibantu asisten wasit 1, Harry Cristanta dan asisten wasit 2, Ahmad Fauzi Rahman. Kemudian ada asisten wasit, Pipin Indra dan cadangan wasit, Asep Suryana.

"Wasitnya tidak (diistirahatkan). (Hanya) asistennya dan AAR-nya," pungkasnya.

Duel PSM vs Persija di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat (5/8) lalu memang menuai polemik. Protes datang dari pelatih PSM Bernardo Tavares hingga menggebrak meja usai laga.

"Lawan Persija Jakarta kita draw, tapi kita hampir kalah gara-gara lelucon wasit yang dibuat di pertandingan," ungkap Bernardo usai laga, Jumat (5/8).

Pelatih berkebangsaan Portugal ini menegaskan, kepemimpinan wasit yang berat sebelah membuat PSM Makassar mendapatkan kerugian. Terutama hampir mencederai anak asuhnya.

"Saya sangat kecewa sekali dengan penampilan wasit. Saya sangat kesal dia memberikan lelucon kepada pemain," tegasnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)