AFC Cup

PSM Makassar Lolos ke Final AFC Cup Zona Asean, Lampaui Capaian Persija

detikSport - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 18:48 WIB
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Jakarta -

PSM Makassar menorehkan sejarah baru di kompetisi Asia setelah mengamankan satu tiket final di AFC Cup 2022 zona ASEAN. Capaian ini sekaligus melampaui torehan Persija Jakarta yang juga pernah melaju ke semifinal fase regional.

PSM Makassar menang 2-1 atas wakil Malaysia, Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (9/8/2022). Hasil tersebut sekaligus memastikan langkah Pasukan Ramang melaju ke babak final.

Khusus edisi tahun ini, AFC Cup menggunakan format baru dengan menerapkan single round-robin dari fase grup hingga babak penyisihan. Menggunakan format yang berbeda di tahun sebelumnya, dengan tidak menggunakan dua leg seperti biasanya.


Artinya setiap tim hanya berhadapan sekali saja. Penyederhanaan format ini mempertimbangkan dampi pandemi COVID-19.

Kondisi ini lebih baik dibandingkan kompetisi Asia ini tidak terselenggara, seperti pada edisi 2020 yang mengharuskan PSM Makassar menyudahi perjuangannya hingga fase group saja.

Adapun capaian PSM ini melampaui Persija di Piala AFC dengan format regional. Persija sebelumnya menjadi tim Indonesia yang paling jauh berkiprah di Piala AFC pada edisi 2018 dengan melaju ke semifinal Zona ASEAN, namun kalah 3-6 secara agregat dari Home United (saat ini bernama Lion City Sailors).

Piala AFC menerapkan format regional sejak edisi 2017. Singkatnya, setiap tim yang bertanding dengan sesama klub yang berada di regional terlebih dahulu, sebelum bertemu dengan peserta dari regional lain di babak selanjutnya.

Jika berhasil meraih kemenangan di babak final AFC zona ASEAN pada 24 Agustus, PSM Makassar baru bertemu dengan tim regional lain. Masih dengan format single round-robin. Pemenangnya sudah ditunggu ATK Mohun Bagan dari India di babak inter-zone.

PSM Makassar saat ini masih menunggu calon lawannya di partai final antara Viettel atau Kuala Lumpur City, yang baru bertanding pada pada, Rabu (10/8) malam.

Menilik sejarah sebelumnya, Persipura Jayapura menjadi tim Indonesia terakhir yang punya pencapaian paling baik di Piala AFC. Mutiara Hitam mampu melaju ke babak semifinal edisi 2014.

Istimewanya, saat itu Piala AFC belum menerapkan format regional. Sehingga Persipura melaju ke semifinal setelah menjadi juara Grup E yang berisi Churchill Brothers (India), Home United (Singapura), dan New Radiant (Maladewa).

Di fase penyisihan, Persipura menang dengan agregat 9-2 atas Yangon United (Myanmar) di babak 16 besar, menang agregat 8-4 atas Al-Kuwait (Kuwait) di babak perempat final, lalu kalah agregat 2-10 dari Al-Qadsia (Kuwait) di babak semifinal.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/nvl)