Impian Winger Muda PSM Rizky Masuk Timnas dan Ikuti Jejak Asnawi-Arhan

Alfiandis - detikSulsel
Jumat, 22 Jul 2022 15:18 WIB
Pemain PSM Makassar Rizky Eka Pratama diwawancara usai latihan di Lapangan Yonzipur Maros.
Pemain PSM Makassar Rizky Eka Pratama. Foto: Ibnu Munsir/detikSulsel
Makassar -

Pemain muda bertalenta milik PSM Makassar, Rizky Eka Pratama memiliki impian besar dapat menembus skuad Timnas Indonesia. Ia juga memendam hasrat ingin bermain di kompetisi elite luar negeri seperti para seniornya, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Impian winger PSM Makassar tersebut sejalan dengan penampilannya bersama tim Pasukan Ramang di kompetisi International AFC Cup 2022. Penampilannya membawa Juku Eja lolos ke level tinggi di AFC Cup diharap menjadi pertimbangan untuk pelatih Shin Tae Yong ikut meliriknya.

"Tentu saja, saya memiliki keinginan besar untuk dipilih dalam skuad Indonesia, dan saya pikir saya harus melakukannya dengan baik di Piala AFC untuk sampai ke sana," kata Rizky Eka dilansir dari situs AFC, Jumat (22/7/2022).


Pemain kelahiran Kabupaten Bone itu juga berharap dapat mengikuti jejak para seniornya. Seperti Asnawi Mangkualam Bahar dan Pratama Arhan yang bermain di luar negeri.

Asnawi saat ini memperkuat klub dari divisi K League 2, Ansan Greeners. Sedangkan Pratama Arhan bermain untuk klub Tokyo Verdy di J2 Jepang.

"Asnawi dan Arhan juga merupakan contoh yang baik bagi saya, karena saya termotivasi untuk suatu hari bermain di luar negeri seperti mereka jika saya mendapat kesempatan," paparnya.

Rizky Eka sendiri saat ini menjadi pemain utama PSM di sisi sayap. Ia menjadi kunci sukses Juku Eja menang atas klub asal Singapura, Tampines Rovers dengan skor 3-1.

Ia mencetak satu gol untuk PSM setelah tertinggal lebih dulu. Golnya tersebut sekaligus menjadi pelecut semangat rekan-rekannya untuk mencetak dua gol lainnya yang ditorehkan oleh Everton Nascimento.

"Pada akhirnya, itu adalah pencapaian luar biasa dari kami semua untuk lolos karena kami memberikan yang terbaik. Kami sekarang berada di semifinal (Zonal), kami akan terus bekerja keras, dan semoga kami bisa melakukan yang lebih baik lagi," paparnya.

Pencapaian PSM Makassar dapat melaju ke babak semifinal zona ASEAN juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain 22 tahun tersebut. Melihat capaian PSM ini dibarengi dengan kesuksesan Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

"Merupakan pencapaian yang membanggakan bagi kami untuk lolos ke Semifinal Zona ASEAN dan timnas mencapai Piala Asia AFC karena itu menunjukkan kualitas liga dan tim nasional yang membaik," kuncinya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)