Sejarah PSM Makassar di Kompetisi Asia, Pernah Jadi Tuan Rumah di Mattoanging

Sejarah PSM Makassar di Kompetisi Asia, Pernah Jadi Tuan Rumah di Mattoanging

Andi Nur Isman - detikSulsel
Rabu, 29 Jun 2022 20:38 WIB
Tiga Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, Rizky Eka Pratama, dan Dzaki Asraf merayakan gol ke gawang Tampines Rovers di AFC Cup 2022.
Pemain PSM Makassar merayakan gol saat berhadapan dengan Tampines Rovers. Foto: (Dok. PSM Makassar)
Makassar -

PSM Makassar sebagai satu-satunya klub sepakbola tertua di Indonesia sebenarnya sudah tidak asing dengan kompetisi di tingkat Benua Asia, seperti AFC Cup.

Dalam catatan sejarah, Pasukan Ramang bahkan menjadi salah satu tim di Indonesia yang paling sering tampil di kompetisi internasional.

Terbaru, PSM Makassar kembali tampil di AFC Cup 2022 setelah menjadi pemenang Piala Indonesia pada 2019 lalu. PSM dapat bermain di AFC Cup 2022 karena selama musim 2020 tidak ada kompetisi liga di Indonesia, yang membuat AFC mengambil wakil Indonesia dari pemenang kompetisi terakhir, yakni Piala Indonesia 2019.


Sebenarnya PSM Makassar sudah tidak asing dengan kompetisi AFC Cup. Klub yang berdiri tahun 1915 ini tercatat tampil di kompetisi Asia sejak edisi 2000/2001, yang saat itu bernama Asian Club Championship.

Di ajang Asian Club Championship 2000/2001, PSM Makassar bahkan ditunjuk menjadi tuan rumah di perempatfinal yang dilaksanakan di Stadion Mattoanging, Makassar.

Berikut perjalanan PSM Makassar di kompetisi Asia dirangkum detikSulsel:

Asian Club Championship 2000/2001

Prestasi: Perempatfinal

PSM Makassar saat itu lolos dari putaran pertama dan kedua yang masing-masing berlangsung dua leg. PSM Makassar melawan SLNA FC asal Vietnam dan Royal Thai Air F dari Thailand.

Dalam putaran pertama leg 1 PSM Makassar menghadapi SLNA FC dan berakhir imbang 0-0. Selanjutnya pada leg 2 PSM Makassar menumbangkan SLNA FC dengan skor telak 1-4.

Di putaran kedua PSM Makassar tampil agresif melawan Royal Thai Air F. Pada leg 1 PSM Makassar menang 6-4 dan di leg 2 kembali menang 5-0. Hasil ini membawa PSM Makassar melaju ke perempatfinal.

Laga PSM Makassar Vs Kuala Lumpur City FC.Aksi striker PSM Makassar Everton Nascimento di AFC Cup 2022. PSM Makassar imbang 0-0 melawan Kuala Lumpur City FC. Foto: (dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim)

Pada perempatfinal, PSM Makassar ditunjuk menjadi tuan rumah untuk Grup 2. Skuad Juku Eja menghadapi SD Luneng dari China, Suwon Bluewings dari Korea, dan Jubilo Iwata dari Jepang.

Sayangnya pada perempatfinal itu, PSM Makassar tiga kali dibantai lawannya. PSM kalah 1-3 atas SD Luneng pada laga pertama Grup 2. Kemudian kalah lagi 1-8 dari Suwon Bluewing. Terakhir ditundukkan Jubilo Iwata dengan skor 0-3.

PSM Makassar akhirnya harus puas hanya sampai pada perempatfinal saat itu. Tapi setidaknya, PSM Makassar berhasil untuk pertama kalinya membawa Indonesia menjadi tuan rumah perempatfinal Asian Club Championship.

Asian Cup Winner's Cup 2001/2002

Prestasi: Putaran Pertama

Langkah PSM Makassar di kompetisi Asia kembali berlanjut di Asian Cup Winner's Cup edisi 2001/2022. Namun pada kompetisi ini PSM Makassar hanya sampai putaran pertama saja.

Kala itu PSM Makassar menghadapi perwakilan Maladewa, Victory SC. PSM Makassar menelan kekalahan pada leg 1 dengan skor 3-0 dan berhasil menang 2-1 pada leg 2. Namun Juku Eja kalah selisih gol.

Simak selengkapnya PSM Makassar kembali bertarung di AFC Champions League edisi 2004 di halaman berikutnya.