Rival PSM Tampil Buruk di Malaysia, tapi Dianggap Ancaman saat AFC Cup

Rival PSM Tampil Buruk di Malaysia, tapi Dianggap Ancaman saat AFC Cup

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 18 Jul 2022 06:30 WIB
Tiga Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, Rizky Eka Pratama, dan Dzaki Asraf merayakan gol ke gawang Tampines Rovers di AFC Cup 2022.
Tiga Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, Rizky Eka Pratama, dan Dzaki Asraf merayakan gol ke gawang Tampines Rovers di AFC Cup 2022. Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Kedah Darul Aman FC, lawan PSM Makassar di semifinal Zona Asean AFC Cup 2022 tampil buruk dalam beberapa pertandingan pada kompetisi domestik di Malaysia. Namun kondisi ini justru dianggap bisa menjadi ancaman bagi Juku Eja.

"Kita tidak boleh berpatokan bahwa dia kalah di liga domestik. Karena ya memang atmosfernya agak beda nanti ketika dia melawan PSM. Bisa saja dia bangkit," tegas pengamat sepakbola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Minggu (17/7/2022).

Kondisi Kedah Darul Aman diakuinya tidak boleh dianggap remeh. Sekalipun klub berjuluk Sang Kenari itu meraih hasil minor selama 6 pertandingan tanpa kemenangan di Malaysia.


PSM Makassar justru diminta harus berhati-hati dengan Kedah. Skuad Juku Eja mesti mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk ketika menghadapi perwakilan Malaysia itu.

"Harus antisipasi kemungkinan-kemungkinan. Ya bagaimana tim ini bisa dinaikkan terus performanya menghadapi Kedah. Jangan ada bahwa Kedah ini di liga domestik draw selebihnya kalah," paparnya.

Menurut Assegaf, tim yang mengalami keterpurukan biasanya akan tampil garang di kompetisi yang berbeda. Termasuk di AFC Cup saat bertemu PSM Makassar di semifinal Zona Asean.

"Jangan sampai ketika dia lawan PSM dia bisa bangkit. Nah itu yang harus diantisipasi sebetulnya," tambahnya.

Assegaf mengatakan pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tentu sudah mengetahui apa yang terjadi di kubuh lawan. Assegaf yakin Bernardo telah menyiapkan sejumlah strategi khusus untuk anak asuhnya.

"Pasti pelatih kan sudah melihat mungkin ada videonya atau sudah pernah dilihat bermain di mana. Tentu pelatih ini sudah evaluasi, sudah tahu di mana kelemahan lawannya nanti Kedah, di mana kekuatan Kedah," imbuhnya.

Kedah Darul Aman kembali meraih hasil buruk dengan takluk 2-1 atas Terengganu FC di Malaysia Super League, Jumat (15/7) lalu. Sebelumnya, Kedah bertemu dengan Terengganu di Malaysia FA Cup pada Rabu (6/7) dan kalah 1-0.

Sang Kenari terakhir kali menang saat menghadapi Penang FC di Malaysia Super League dengan skor akhir 1-2. Sesudah itu, Kedah masing-masing 2 kali kalah dan 2 imbang.

Selanjutnya Kedah tumbang atas Sabah FC dengan skor telak 4-0. Lalu harus tunduk di kandang sendiri ketika bertemu Melaka United yang berhasil menang 2-3.

Kedah bermain imbang dengan PJ City dengan skor 3-3. Begitu juga melawan Negeri Sembilan dengan berakhir tanpa gol.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hmw)