PSM Makassar Tunggak Rp 1 Miliar Lebih Gaji Mantan Pemain

PSM Makassar Tunggak Rp 1 Miliar Lebih Gaji Mantan Pemain

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 16 Jul 2022 15:09 WIB
Pesepakbola PSM Makasar Anco Jansen (kiri) melakukan selebrasi usai memasukan bola ke gawang Persebaya Surabaya saat berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). Pada babak pertama, PSM Makasar unggul dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Mantan pemain PSM Anco Jansen dan Ilham Udin. Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO
Makassar -

PSM Makassar disebut menunggak gaji belasan mantan pemainnya pada musim 2021/2022. Nilai tunggakannya mencapai Rp 1 miliar lebih.

"Belasan (mantan) pemain PSM melapor (gajinya belum dibayar) musim 2021/2022. (Totalnya) di atas (Rp) 1 miliar," kata CEO Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), Hardika Aji kepada detikSulsel, Sabtu (16/7/2022).

Hardika tak mau menyebut jumlah pasti dari belasan mantan pemain PSM Makassar yang melapor tersebut. Namun, ia memberi gambaran kalau tunggakan tiap pemain berbeda-beda durasinya.


"Belum dibayar 3-4 bulan. Beda-beda tiap pemain," jelasnya.

Hardika menambahkan, laporan yang diterima APPI semuanya adalah pemain lokal. Belum ada mantan pemain asing PSM yang melapor, termasuk Anco Jansen yang lebih dulu buka suara terkait gajinya belum dibayar di akun Instagramnya.

"Kalau lapor ke APPI (pemain asing) pasti dibantu dan treatment-nya sama. (Namun) saat ini (hanya) pemain lokal yang melapor," tegasnya.

Sebelumnya, Anco Jansen memposting di akun Instagram pribadinya terkait PSM Makassar yang belum membayar gajinya. Hanya saja, pemain asal Belanda itu enggan menyebut durasi gajinya yang belum dibayar PSM.

"Mereka (PSM) sudah memiliki 5 surat FIFA musim ini dengan pengingat untuk membayar gaji saya. (Tetapi) sekarang mereka (PSM) membiarkan tanggal surat FIFA (itu) berlalu," ungkap Anco kepada detikSulsel, Kamis (14/7).

Anco mengaku, tidak membuka persoalan ini sejak lama dengan harapan PSM Makassar bisa menyelesaikannya segera. Namun kesabarannya habis dan akan mengambil sikap yang lebih tegas.

"Batas waktunya sudah selesai. Saya tidak akan menerimanya lagi," tegas pemain 33 tahun itu.

Anco menambahkan, 2 rekannya di PSM juga akan segera membawa hal ini ke FIFA. Nasib yang dialaminya sama dengan dirinya, manajemen PSM hanya menjanji akan menyelesaikan gaji mereka segera.

"(Serif) Hasic dan Bektur (Talgat Uulu), keduanya akan membawa hal ini ke FIFA juga," terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengaku, sudah membayarkan gaji yang dituntut Anco Jansen.

"Sudah diselesaikan. Mungkin kita ada perbedaan waktu," tegas Appi sapaan akrab Munafri Arifuddin kepada detikSulsel, Kamis (14/7).



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)