Timnas Indonesia Korban Regulasi Head to Head Piala AFF U-19 2022

Tim detikSport - detikSulsel
Senin, 11 Jul 2022 14:40 WIB
Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski berhasil kalahkan Myanmar 5-1, Garuda Muda berada di urutan ketiga klasemen Grup A.
Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski berhasil kalahkan Myanmar 5-1. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Timnas Indonesia harus rela tak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Penyebabnya adalah regulasi head to head yang membuat Garuda Muda finis ketiga di klasemen.

Padahal Timnas Indonesia menjadi tim tersubur dan tidak terkalahkan di turnamen ini. Baik dari jumlah gol maupun selisih gol.

Di papan klasemen Piala AFF U-19 2022 Grup A, Indonesia mengoleksi 11 poin, setara dengan Thailand dan Vietnam. Tapi aturan head to head membuat skuad besutan Shin Tae-yong terdepak.


Regulasi head to head AFF membuat 3 tim yang mengoleksi poin yang sama dimasukkan ke dalam klasemen mini untuk menentukan dua tim yang berhak lolos. Hasilnya Vietnam dan Thailand unggul atas Indonesia yang bermain imbang 1-1.

"Memang sebenarnya kita tidak lolos ini tidak masuk akal dan memang seharusnya dari lawan dan pesaing kami juga lakukan laga yang fair play, tetapi nyatanya tidak seperti itu," ucap Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong selepas laga dilansir dari detikSport.

Rujukan regulasi head to head AFF:

1. Vietnam, Thailand, Indonesia sama-sama meraih 2 poin dari hasil pertandingan satu sama lain, berkat hasil seri di antara ketiga tim tersebut.

2. Vietnam, Thailand, Indonesia sama-sama punya goal difference (selisih gol) 0 dari hasil pertandingan satu sama lain, berkat hasil seri di antara ketiga tim tersebut.

3. Namun, Vietnam dan Thailand dianggap lebih unggul produktivitas karena mampu mencetak masing-masing 1 gol dalam hasil seri 1-1 dalam laga di antara kedua tim. Sedangkan Indonesia main skor kacamata lawan kedua tim itu.

4. Merujuk pada regulasi head to head Piala AFF U-19 2022, Indonesia pun dikategorikan berada di bawah Vietnam dan Thailand karena jumlah gol yang dicetak di antara ketiga tim terlibat.

Sehingga walaupun Indonesia tak terkalahkan dan punya catatan 17 gol, paling banyak di antara tim-tim Piala AFF U-19 2022 lainnya. Juga selisih gol paling banyak dengan (+15) dan punya 2 pemain di daftar top skor Piala AFF U-19 2022 lewat Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim.

Tetapi sayang, dengan hasil tersebut tiket lolos tetap saja tidak bisa diraih. Ceritanya bisa berbeda jika saja Vietnam Vs Thailand berakhir imbang 0-0 atau salah satunya saling mengalahkan.



Simak Video "Netizen Indonesia Protes Laga Vietnam-Thailand, #AFF U-19 Trending"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/asm)