Piala AFF U-19: Vietnam Tidak Puas, Thailand Bantah Main Mata

Tim detikSport - detikSulsel
Senin, 11 Jul 2022 13:30 WIB
Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski berhasil kalahkan Myanmar 5-1, Garuda Muda berada di urutan ketiga klasemen Grup A.
Ekspresi Garuda Muda Usai Tersingkir di Piala AFF U-19 2022. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Vietnam dan Thailand bermain imbang di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. Kendati lolos ke semifinal, Vietnam tidak puas dari segi permainan dan Thailand membantah bermain mata untuk mendepak Indonesia dari turnamen.

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam mengaku dirinya tidak puas melihat permainan timnya melawan Thailand. Ia menyayangkan timnya banyak melakukan kesalahan, khususnya di babak pertama.

"Saya tidak terlalu puas, terutama 20-25 menit pertama babak pertama. Para pemain memasuki pertandingan dengan mentalitas gugup, tidak bisa mengontrol permainan, banyak operan yang kacau, terburu-buru," kaya Dinh The Nam dilansir dari detikSport.


Di kubu Thailand, Pelatih The War Elephants, Salvador Valero Garcia menyatakan timnya tak bermain mata untuk mendepak Garuda Nusantara dari turnamen ini. Ia menegaskan tidak ada maksud untuk sengaja menyingkirkan Indonesia.

"Jelas kami ingin mengalahkan mereka. Setelah mencetak gol, Vietnam merespon dengan baik dan bisa mencetak gol untuk menyamakan kedudukan dengan cepat sebelum kami bisa mengatur permainan," jelas Garcia.

"Tapi menjelang akhir laga, banyak pemain yang kelelahan karena telah mengerahkan seluruh energi. Kalian harus mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan di lapangan," tambah pelatih asal Spanyol itu.

Laga Vietnam Vs Thailand menjadi sorotan saat berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Minggu (10/7/2022). Sebab, hasil kedua laga itu bisa menentukan kelolosan Indonesia.

Di saat bersamaan, Indonesia menghadapi Myanmar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Tim Garuda menang 5-1 atas Myanmar.

Sementara di Senayan, Vietnam dan Thailand bermain 1-1. Hasil itu membuat Vietnam dan Thailand lolos ke semifinal. Mereka unggul head to head dari Indonesia, meski ketiganya sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2022.



Simak Video "Netizen Indonesia Protes Laga Vietnam-Thailand, #AFF U-19 Trending"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/asm)