13 Makanan Khas Makassar Paling Populer, Sudah Pernah Coba?

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Minggu, 15 Mei 2022 09:01 WIB
5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras
Coto Makassar makanan khas Makassar yang populer. Foto: iStock
Makassar -

Makanan khas Makassar sering kali menjadi incaran wisatawan. Tidak heran, karena Kota Makassar memang memiliki beragam sajian yang khas, mulai dari makanan berat hingga dessert.

Hal ini pula yang menjadi daya tarik Kota Makassar. Tidak hanya keindahan kota dan alamnya yang patut dikunjungi, wisata kulinernya pun menarik perhatian wisatawan untuk mencicipinya.

Makanan khas Makassar identik dengan cita rasa yang kuat. Hal ini bersumber dari rempah-rempah yang digunakan dalam mengolah makanan khas Makassar. Meski kaya akan rempah, makanan khas Makassar tidak membuat enek. Justru seringkali membuat ketagihan dan ingin terus mencicipinya.


Salah satu makanan khas Makassar yang cukup cukup populer ialah Coto Makassar. Bahkan makanan ini telah menjadi ikon kuliner dari Kota Makassar.

Berikut adalah 13 makanan khas Makassar yang telah dirangkum oleh detikSulsel:

1. Coto Makassar

5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai BurasCoto Makassar. Foto: iStock

Coto Makassar merupakan salah satu makanan khas Makassar yang sangat populer. Makanan ini berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Biasanya disajikan bersama ketupat dan sambal Tauco yang khas.

Makanan khas Makassar ini menggunakan segudang rempah sehingga menghasilkan makanan bercita rasa tinggi. Ada berbagai jenis bumbu lokal seperti kacang, lengkuas, serai, jahe, daun salam, ketumbar, dan lainnya.

Bagi penikmat Coto seringkali khawatir terkait kolesterol saat mengkonsumsinya. Jangan salah, bumbu yang digunakan pada resep Coto Makassar ternyata berfungsi sebagai penawar zat yang terdapat dalam hati, babat, jantung, dan limpah sapi termasuk kolesterol. Tentunya jika mengkonsumsinya secara tidak berlebihan.

2. Makanan Khas Makassar Sop Konro

beef bone asian food named sup konro.Beef bone asian food named sup konro. Foto: Getty Images/iStockphoto/erwin_ps

Sop Konro juga menjadi salah satu makanan khas Makassar yang cukup banyak dikenal. Konro merupakan masakan sup iga sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa atau ketupat.

Makanan khas Makassar ini digemari banyak orang. Iga sapinya memiliki tekstur yang empuk. Sementara kuahnya perpaduan gurih asam, dan pedas dapat membuat penikmatnya ketagihan.

3. Pallubasa

Pallubasa khas MakassarPallubasa khas Makassar Foto: detikFood

Pallubasa adalah makanan khas Makassar yang juga berbahan dasar daging. Pallubasa hampir mirip dengan Coto Makassar, yang disajikan dengan irisan daging dan jeroan sapi.

Proses memasaknya pun hampir sama dengan Coto Makassar, yaitu direbus dalam waktu lama. Selain itu juga Pallubasa juga dibuat dengan berbagai bumbu rempah yang menguatkan rasa.

Pembeda dari Pallubasa dan Coto Makassar terdapat pada sebagian bumbu. Terutama yakni kelapa parut yang disangrai dan dihaluskan. Selain itu, jika Coto Makassar identik disajikan dengan ketupat, Pallubasa biasanya disajikan bersama sepiring nasi putih.

4. Juku Pallu Ce'la

Pallu ce'la makanan khas Makassar.Pallu ce'la makanan khas Makassar. Foto: (dok. istimewa)

Juku Pallu Ce'la atau ikan Pallu Ce'la adalah salah satu makanan khas Makassar. Pallu Ce'la berasal dari bahasa Makassar, yakni pallu artinya masak dan ce'la artinya garam. Jadi, pallu ce'la adalah teknik memasak ikan khas Makassar menggunakan garam.

Bahan lain yang digunakan untuk membuat juku pallu ce'la adalah jeruk nipis dan kunyit. Masakan ini memiliki cita rasa asin, asam dan berpadu aroma kunyit. Juku Pallu Ce'la merupakan makanan khas Makassar yang menjadi makanan rumahan favorit.

5. Songkolo

Kuliner MakassarSongkolo makanan khas Makassar Foto: (detikSulsel)

Songkolo merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari beras ketan. Makanan ini dapat ditemui di penjual jajanan pasar di Makassar, atau dengan mengunjungi kedai Songkolo.

Makanan khas Makassar ini biasanya tersaji secara lengkap bersama parutan kelapa goreng, ikan kering, dan sambal. Biasanya dalam penyajiannya Dongkol dibungkus menggunakan daun pisang untuk menambah aroma khas.

6. Makanan Khas Makassar Jalangkote

Kue Jalangkote khas SulselJalangkote makanan khas Makassar. Foto: Rahma Amin

Jalangkote menjadi salah satu makanan ringan khas Makassar yang sangat populer. Jalangkote sekilas mirip kue pastel. Bedanya, kue pastel memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair campuran cuka dan cabe..

Selain itu, Jalangkote biasanya memiliki isian ubi jalar yang dipotong kecil kemudian ditumis dengan mi atau bihun, wortel, dan daun seledri. Kadang isian Jalangkote juga diberi irisan telur rebus.

Jalangkote memiliki cita rasa gurih namun sedikit manis yang berasal dari ubi jalar. Jalangkote semakin nikmat ketika disiram dengan sambak cair. Makanan khas Makassar ini menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat.

7. Gogoso

Gurih Pedas Gogos Kambu, Lontong Ketan Khas Polewali MandarGogoso makanan khas Makassar. Foto: detikcom/Abdy Febriady

Gogoso sekilas mirip lemper. Makanan khas Makassar ini terbuat dari beras ketan. Gogoso sendiri ada yang memliki isi dan adapula yang tidak memilik isi. Gogoso yang memiliki isian, biasanya disebut gogoso kambu atau gogos isi.

Isian yang digunakan biasanya berupa daging ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan dibumbui oleh bumbu dari Makassar yang khas. Tak jarang pula ada yang mengganti isiannya dengan daging ayam atau abon.

Gogoso dalam pembuatannya dibungkus menggunakan daun pisang. Setiap sisi ujungnya ditusuk dengan lidi. Setelah itu Gogoso siap untuk dibakar di atas bara api, hal ini bertujuan agar Gogoso lebih beraroma dan meresap bumbunya.

Rasa yang gurih menjadi kenikmatan tersendiri saat menikmati Gogoso. Biasanya, Gogoso juga disajikan bersama telur asin.

8. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo, the popular dessert of plantain banana roll with coconut milk custard and red sugar syrup from Makassar (Ujung Pandang), South Sulawesi. The banana is wrapped with pandan crêpe; then served in slices on the custard. The dessert is plated on an vintage oval plate and placed on straw mat. An extra syrup in a small jug is placed next to the dessert.Es pisang ijo makanan khas Makassar. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Es pisang ijo merupakan salah satu makanan jajanan khas Makassar yang populer. Jajanan ini bahkan tersedia tidak hanya di Sulawesi Selatan, tetapi juga daerah lain.

Nama pisang ijo diambil dari tampilan hidangan ini. Pisang sebagai bahan baku dibalut dengan adonan dadar hijau. Penyajiannya es pisang ijo diberi kuah bubur sumsum, kuah santan dan sirop merah serta es.

Rasa lembut bubur, legit pisang dan sirop plus dinginnya es membuat jajanan ini disukai banyak orang.

9. Es Palu Butung

es palu butungEs palu butung makanan khas Makassar. Foto: Detikfood/Detiktravel

Es Palu Butung merupakan salah satu kuliner penutup (dessert) khas Makassar. Sajian ini memiliki cita rasa manis dan legit.

Sebenarnya olahan palu butung mirip dengan es pisang ijo. Hanya saja, pada sajian pallu butung pisang sebagai bahan dasar tidak dibalut dengan adonan tepung. Selain itu, pallu butung dapat disajikan dengan dua cara sesuai selera, yaitu hangat maupun dingin.

Kuah palu butung yang kental dan legit, berpadu dengan manisnya sirup dan buah pisang membuat sajian ini memanjakan lidah penikmatnya.

10. Makanan Khas Makassar Pisang Epe

Resep Pisang Epe Khas MakassarPisang epe makanan khas Makassar Foto: iStock

Pisang Epe menjadi salah satu makanan khas Makassar yang telah dikenal secara luas. Pisang epe banyak dijumpai di area wisata Pantai Losari.

Cara pembuatanya, pisang setengah matang dibakar di atas arang, kemudian dipipihkan. setelah itu diolesi margarin dan diberi cairan gula aren. Saat ini hidangan pisang epe telah dimodifikasi dengan berbagai toping menarik yang memperkaya cita rasa. Antara lain keju, milo, cokelat, cream durian, dan lain sebagainya.

11. Barongko

Kue Barongko khas SulselBarongko makanan khas Makassar. Foto: Rahma Amin

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah Barongko. Terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Barongko lebih nikmat disajikan dingin.

Barongko memiliki cita rasa manis dan segar dengan tekstur yang lembut. Aroma paduan pisang dan telur sangat kuat pada kue khas Makassar ini.

Barongko biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, akikah, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya.

12. Makanan Khas Makassar Putu Cangkir

Putu Cangkir, kue tradisional Sulawesi SelatanPutu cangkir makanan khas Makassar. Foto: Rahma Amin

Kue putu sebenarnya banyak macam, salah satunya putu cangkir. Putu pada umumnya terbuat dari bahan tepung beras. Putu cangkir khas Makassar memiliki bentuk mirip bagian bawah cangkir bila posisinya ditempatkan terbalik.

Putu cangkir dibuat dari bahan sederhana yakni tepung beras biasa, dicampur sedikit dengan tepung beras ketan, diaduk dengan air gula merah. Sementara isiannya adalah kelapa parut.

Makanan khas Makassar ini memiliki rasa manis yang tipis disertai rasa gurih. Kue putu cangkir sangat populer di tengah masyarakat Makassar. Kue ini tak jarang dijadikan sebagai menu sarapan yang disajikan bersama teh atau kopi hangat.

13. Makanan Khas Makassar Taripang

Kue Taripang khas SulselTaripang makanan khas Makassar. Foto: Rahma Amin

Taripang merupakan kue khas dari Makassar. Kue ini terbuat dari tepung ketan dibalut dengan gula merah yang dicairkan.

Tidak sulit untuk menemukan panganan ini di Kota Makassar. Karena tersedia di pasar maupun di penjual kue-kue tradisional.

Kue tradisional Makassar ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Cocok disantap bersama teh manis atau kopi saat bersantai.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Mie Titi Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)