Dugaan Tewasnya Remaja Makassar di Lokasi Tawuran karena Tembakan Polisi

Dugaan Tewasnya Remaja Makassar di Lokasi Tawuran karena Tembakan Polisi

Tim detikSulsel - detikSulsel
Jumat, 04 Nov 2022 07:13 WIB
pemuda melempar Batu pada musuhnya
Ilustrasi. Foto: Edi Wahyono
Makassar -

Seorang remaja berinisial ZL (19) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditemukan tewas di lokasi tawuran. Korban diduga terkena tembakan senjata api yang berasal dari pistol polisi.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan di rumah sakit korban mengalami luka lubang di kepala. Luka ini yang kemudian didalami sebagai dugaan terkena tembakan.

"Penembakan itu kalau dari rumah sakit ada lubang di kepala, karena pukulan ada juga," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Kamis (3/11/2022).


Saat ini, Polrestabes Makassar dibantu Propam Polda Sulsel disebut sedang mengusut dugaan penembakan tersebut. Namun begitu, Suartana mengaku belum menerima laporan lanjutan terkait hasil penyelidikan itu.

"Intinya Kapolrestabes juga sudah berupaya di-back-up oleh Polda termasuk Propam untuk melakukan lidik terhadap korban tersebut apakah itu berasal dari senjata api organik atau senjata api non organik, ini masih didalami," katanya.

Suartana mengungkapkan, pihaknya juga telah meminta kepada keluarga agar jenazah ZL diautopsi. Namun permintaan tersebut ditolak pihak keluarga.

"Kemarin sudah dimintakan autopsi keluarganya menyampaikan tidak berkenan diautopsi," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya tetap menyelidiki dugaan penembakan itu berasal dari pistol anggota polisi yang melakukan pengamanan saat bentrokan pemuda terjadi.

"Tetap akan dilidik (diselidiki), tetap akan dilakukan penyelidikan terhadap motif-motif daripada pelaku. Karena kan bukan itu saja, korbannya kan ada juga yang memar-memar yang kejadian itu karena mereka kan saling serang, panah, saling busur apakah itu karena lempar batu kepala kenanya," kata nya.

Peristiwa Tawuran Pemuda

Sebelumnya, bentrokan warga di Makassar melibatkan dua kelompok pemuda pecah di Jalan Sinassara, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Rabu (2/11) dini hari. Bentrokan ini mengakibatkan seorang remaja ZL tewas.

"Ada (satu korban tewas)," kata Kapolsek Tallo Kompol Badollahi saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Rabu (2/11).

Baddolahi mengatakan bentrokan tersebut melibatkan dua kelompok pemuda.

"Antara kelompok anak muda dengan anak muda," katanya.

Diketahui, korban tewas bersimbah darah. Terdapat luka sobek pada bagian wajah korban yang diduga akibat hantaman benda tumpul, hingga belakangan diketahui korban juga menderita luka tembakan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.