Geledah Rumah Ketua DPRD Andi Ina, KPK Sita Dokumen Keuangan Pemprov Sulsel

Geledah Rumah Ketua DPRD Andi Ina, KPK Sita Dokumen Keuangan Pemprov Sulsel

Xenos Zulyunico - detikSulsel
Kamis, 03 Nov 2022 11:24 WIB
Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika (Noval-detikcom)
Foto: Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika (Noval-detikcom)
Makassar -

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah pribadi Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Ina Kartika Sari di Kota Makassar. Dalam penggeledahan tersebut, KPK menyita sejumlah dokumen keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

"Dalam kegiatan (penggeledahan) tersebut, ditemukan dan diamankan antara lain berbagai dokumen keuangan untuk pelaksanaan anggaran di Pemprov Sulsel," ungkap Kepala Bidang Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangan yang diterima detikSulsel, Kamis (3/11/2022).

Awalnya Ali Fikri menuturkan bahwa penyidik telah selesai menggeledah rumah pribadi Andi Ina di Jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar pada Rabu (2/11).


Namun Ali Fikri tidak merinci dokumen keuangan apa saja yang disita oleh KPK dalam penggeledahan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa penyidik akan segera melakukan analisis terhadap dokumen yang disita.

"Analisis dan penyitaan atas bukti-bukti dimaksud segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan perkara ini," tukasnya.

Diketahui sebelumnya, KPK menggeledah rumah pribadi Andi Ina terkait kasus dugaan suap laporan keuangan di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel. Menanggapi penggeledahan tersebut, Andi Ina mengaku menghargai mekanisme hukum yang dijalankan KPK.

"Memang benar pagi tadi telah dilakukan penggeledahan oleh KPK di rumah pribadi saya," ungkap Andi Ina dalam keterangannya yang diterima detikSulsel, Rabu (2/11).

"Kita menghargai dan mengikuti bagaimana mekanismenya, karena itu adalah bagian dari prosedur yang telah ditentukan KPK," imbuhnya.

Andi Ina mengatakan saat penggeledahan dia sedang tidak berada di rumah. Dia juga tidak mengetahui apakah ada barang-barangnya yang turut diamankan oleh KPK.

"Saya tidak tahu (soal barang yang diamankan), karena saya tidak di rumah," papar Andi Ina.



Simak Video "Dewas Sebut Mars KPK Ciptaan Istri Firli Bahuri Tak Langgar Etik"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/asm)