6 Penipu di Wajo Ngaku Rans Entertaiment, Minta Uang Korban-Janjikan Hadiah

6 Penipu di Wajo Ngaku Rans Entertaiment, Minta Uang Korban-Janjikan Hadiah

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Rabu, 05 Okt 2022 20:57 WIB
6 pelaku penipuan yang mencatut perusahaan Rans Entertainment ditangkap.
Foto: 6 pelaku penipuan yang mencatut perusahaan Rans Entertainment ditangkap. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Polisi mengungkap modus penipuan enam pria di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ditangkap karena mencatut Rans Entertainment. Keenam pelaku menjalankan aksi penipuannya dengan modus minta biaya pengiriman atas hadiah yang dijanjikan mengatasnamakan nama perusahaan milik artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Pelaku meminta kepada si penerima sejumlah uang sebagai biaya untuk pengiriman ataupun pajak dari hadiah tersebut," ungkap Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Syarifuddin saat dihubungi detikSulsel, Rabu (5/10/2022).

Syarifuddin menjelaskan, dari hasil interogasi para pelaku mengakui perbuatannya telah mencatut nama Rans Entertainment. Keenam pelaku melancarkan aksi penipuan dengan cara mengirimkan pesan melalui pesan WhatsApp berisi perusahaan milik artis tersebut sedang membagi-bagikan hadiah berupa uang tunai.


"Apabila si penerima (pesan) membalasnya maka akan meminta untuk mengisikan data diri berdasarkan KTP," urai dia.

Selanjutnya pelaku meminta kepada si penerima mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya untuk pengiriman ataupun pajak dari hadiah tersebut. Namun iming-iming itu tidak dipenuhi pelaku karena pelaku langsung memblokir kontak korbannya usai dikirimkan uang.

"Setelah korban mengirimkan sejumlah uang, maka para pelaku bukannya mengirimkan sejumlah uang yang dijanjikan, malah memblokir korbannya," ujar Syarifuddin.

Polisi mengaku belum mengetahui berapa total korbannya, termasuk jumlah keuntungan yang didapatkan para pelaku selama melancarkan aksinya. Saat ini penyidik Ditkrimsus Polda Sulsel masih melakukan pendalaman.

"Sudah banyak (korban). Tim sidik saya masih data riilnya. Masih dalam proses. Nanti diinfo, yah," sebutnya.

Adapun keenam pelaku yang ditangkap dalam kasus ini masing-masing pria inisial SU (38), FA (18), UM (38), SA (22), BA (37), dan AM (33). Mereka digerebek di sebuah rumah di Desa Lautang, Kecamatan Belawa, Wajo pada Senin (3/10) sekitar pukul 16.30 Wita.

Dari penggerebekan itu polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, 10 unit laptop, 11 unit handphone, 4 unit mesin cetak struk, 31 buah modem, serta 3 gulung kertas resi bank.

"Digerebek di rumah yang merupakan tempat untuk melakukan penipuan tersebut," imbuh Syarifuddin.

Atas perbuatannya, pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka itu dijerat pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).



Simak Video "Berulang Tahun, Rayyanza Malik Ahmad Jadi Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)