6 Pria di Wajo Catut Rans Entertainment Lakukan Penipuan Ditangkap

6 Pria di Wajo Catut Rans Entertainment Lakukan Penipuan Ditangkap

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Rabu, 05 Okt 2022 17:44 WIB
6 pelaku penipuan yang mencatut perusahaan Rans Entertainment ditangkap.
Foto: 6 pelaku penipuan yang mencatut perusahaan Rans Entertainment ditangkap. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Enam warga di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditangkap polisi terkait kasus penipuan dengan mengatasnamakan Rans Entertainment usaha milik artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka menipu warga dengan iming-iming pemberian hadiah dari usaha yang bergerak di bidang digital dan media kreatif itu.

"Iya, ada penangkapan (pelaku penipuan)," kata Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel Kompol Syarifuddin saat dihubungi detikSulsel, Rabu (5/10/2022).

Keenam pelaku ditangkap Tim Opsnal Siber Subdit V Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Sulsel di Desa Lautang, Kecamatan Belawa, Wajo pada Senin (3/10) sekitar pukul 16.30 Wita. Para pelaku diamankan atas tuduhan dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik atau ITE.


Keenam pelaku yang sudah berstatus tersangka itu masing-masing SU (38), FA (18), UM (38), SA (22), BA (37), dan AM (33). Mereka saat ini sedang menjalani proses pemeriksaan lanjutan di Ditkrimsus Polda Sulsel.

"Masih sementara pemeriksaan. Itu baru kemarin anunya (penangkapan)," sebut Syarifuddin.

Syarifuddin menuturkan mereka menjalankan aksi penipuannya dengan modus mengatasnamakan Rans Entertainment. Namun polisi belum menjelaskan lebih rinci penipuan tersebut hingga mereka meraup keuntungan usai mengiming-imingi korbannya sebuah hadiah.

"Itu pendalaman kita komunikasikan saja sama penyidiknya yah. Ke penyidiknya ki untuk lebih lengkap," pungkasnya.

Atas perbuatannya, keenam tersangka dijerat pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).



Simak Video "Berulang Tahun, Rayyanza Malik Ahmad Jadi Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)