KPK Tetap Panggil Lukas Enembe Hari Ini Meski Sebelumnya Ngaku Sakit

Berita Nasional

KPK Tetap Panggil Lukas Enembe Hari Ini Meski Sebelumnya Ngaku Sakit

Tim detikNews - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 10:17 WIB
Profil Lukas Enembe, Kini Dicegah ke LN Usai Jadi Tersangka
Gubernur Papua Lukas Enembe (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK tetap melakukan pemanggilan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe hari ini untuk diperiksa sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi Rp 1 miliar saat berobat ke Singapura. Pemanggilan itu dilakukan meski sebelumnya, Lukas Enembe melalui pengacaranya mengaku tidak bisa hadir karena sakit saat KPK melayangkan surat panggilan kedua minggu lalu.

"Iya (pemanggilan sesuai jadwal). Sejauh ini sesuai agenda sebagaimana surat panggilan yang sudah kami kirimkan dan diterima oleh tersangka maupun penasihat hukumnya," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri seperti dilansir dari detikNews, Senin (26/9/2022).

Ali menyebut pihaknya telah mengirimkan surat panggilan untuk Lukas sejak Kamis (22/9) lalu. Pemeriksaan terhadap Lukas diagendakan berlangsung hari ini (26/9).


"Pemeriksaan diagendakan Senin, 26 September 2022, di gedung Merah Putih KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan saat itu.

Diketahui, panggilan yang dilayangkan oleh KPK terhadap Lukas ini merupakan panggilan kedua. Sebelumnya, KPK sudah memanggil Lukas pada 12 September lalu namun dia tidak hadir.

Lukas Disebut Tak Akan Hadir Hari Ini

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwari, sebelumnya mengatakan kliennya tidak dapat memenuhi panggilan kedua oleh KPK. Dia menyebut Lukas Enembe masih menjalani proses perawatan.

"Beliau masih dalam keadaan sakit dan tidak akan memenuhi panggilan kedua," kata Aloysius saat dihubungi, Rabu (21/9).

Dia pun mengatakan akan mengirimkan surat keterangan medis Lukas Enembe kepada KPK sebagai bukti bahwa Lukas sedang sakit dan dalam perawatan.

"Dan akan kami menyurati pihak KPK dengan membawa surat sakit dari rekaman medisnya dari rumah sakit umum daerah Papua," ujarnya.

Aloysius menyebut kliennya mengalami stroke kedua. Dia mengatakan kondisi kaki Lukas Enembe bengkak serta tensi darahnya tinggi.

"Beliau dirawat di rumahnya dalam keadaan sakit, kakinya bengkak tidak bisa jalan, tensinya tinggi. Ini kan stroke kedua Lukas Enembe," katanya.



Simak Video "Paulus Waterpauw Polisikan Pengacara Lukas Enembe!"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/hmw)