Napi Kabur dari Rutan Makassar Usai Panjat Tembok

Napi Kabur dari Rutan Makassar Usai Panjat Tembok

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Jumat, 23 Sep 2022 18:45 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Foto: Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Makassar -

Seorang narapidana berinisial A kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Narapidana itu kabur sekitar tiga minggu yang lalu usai memanjat tembok dan teralis pembatas rutan.

"Itu betul, telah terjadi pelarian warga binaan," kata Kepala Rutan (Karutan) Kelas 1 Makassar Moch Muhidin saat dikonfirmasi detikSulsel, Jumat (23/9/2022).

Pelarian warga binaan itu sudah terjadi sejak tiga minggu lalu atau pada Kamis (1/9) sekitar pukul 19.34 WITA. Narapidana tersebut kabur di sekitar area dapur usai memanjat tembok dan teralis pembatas menggunakan selang.


"Setelah melihat rekaman CCTV napi kabur di sekitar area dapur dengan cara memanjat tembok dan teralis pembatas menggunakan selang," ujar Muhidin.

Atas kejadian tersebut, pihak Rutan Kelas I Makassar telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pencarian. Orang-orang terdekat narapidana tersebut pun diperiksa.

"Kami langsung melaporkan ke Polsek Tamalate kemudian Polres Gowa dan Polda Sulsel. Untuk pencarian napi kabur tersebut masih dilakukan hingga hari ini, menyisir rumah dan orang-orang terdekatnya. Selain itu secara internal kami juga laporkan ke kantor wilayah," imbuhnya.

Sementara itu, Humas Rutan Kelas I Makassar Nunung mengatakan warga binaan yang kabur itu selama berkelakuan baik. Dia bertugas korvey atau tahanan pendamping.

"Selama menjadi warga binaan, A bertugas sebagai korvey atau tahanan pendamping. A dianggap sudah cakap serta berkelakuan baik untuk membantu kegiatan di Rutan Kelas 1 Makassar," katanya.



Simak Video "Tembok Lapas Cianjur Roboh, Napi Bermalam di Lapangan"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)