Polisi Identifikasi 1 Korban Pembunuhan Sadis di Timika Papua Simpatisan KKB

Papua

Polisi Identifikasi 1 Korban Pembunuhan Sadis di Timika Papua Simpatisan KKB

Wilpret Siagian - detikSulsel
Senin, 29 Agu 2022 22:45 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi pembunuhan (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Mimika -

Polisi mengungkap 1 korban pembunuhan sadis di Timika, Papua merupakan simpatisan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Korban disebut jaringan simpatisan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya.

"Adapun keempat korban pembunuhan yakni Arnold Lokbere, Irian Nirigi, Leman Nirigi, dan Atis Tini," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Senin (29/8/2022).

"Dari hasil penyelidikan diketahui salah satu korban Leman Nirigi adalah jaringan dari simpatisan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya yang aktif mencari senjata dan amunisi di Kabupaten Mimika," tambahnya.


Kamal menuturkan pembunuhan sadis warga ini terungkap setelah dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan CCTV di sekitar TKP. Pembunuhan warga sipil ini terjadi di SP 1 Distrik Mimika Baru.

"Dari hasil penyelidikan, anggota berhasil mengetahui pelaku pembunuhan tersebut, yakni berinisial APL alias J, DU, RL, RMH (DPO) dan 6 oknum anggota TNI," bebernya.

Peristiwa pembunuhan sadis yang dilakukan 9 pelaku ini diketahui terjadi pada Selasa (22/8) sekitar pukul 21.50 WIT. Ada 4 korban warga sipil yang dibunuh.

Usai dibunuh, jenazah para korban ini kemudian dibawa ke Sungai Kampung Pigapu, Distrik Iwaka. Sebelum dibuang, jenazah 4 korban kemudian dimutilasi dan dipisahkan ke dalam 6 karung. Selanjutnya karung tersebut diisi dengan batu-batu.

"Setelah membuang para korban ke Sungai Kampung Pigapu Distrik Iwaka Kabupaten Mimika, para pelaku menuju ke jalan masuk Galian C Kali Iwaka untuk membakar mobil Toyota Calya yang dirental oleh korban," ungkapnya.

Petugas yang mendapat laporan adanya peristiwa tersebut, kemudian bergerak menuju ke jalan masuk galian C kali Iwaka pada Selasa (23/8) pukul 07.30 WIT. Tiba di TKP, ditemukan 1 unit mobil Toyota Calya warna merah tanpa pelat nomor dengan nomor rangka MHKA6GJ6JKJ115394 yang telah hangus terbakar dan masih mengeluarkan asap dari sisa kebakaran.

Selanjutnya pada Jumat (26/8) sekitar pukul 13.40 WIT, polisi berhasil menemukan korban atas nama Arnold Lokbere di Sungai Kampung Pigapu, distrik Iwaka, Kabupaten Mimika. Lalu sekitar pukul 18.55 WIT di SP 1 Mimika ditemukan 1 (satu) unit mobil Avanza warna hitam nomor polisi N 1082 WR yang direntalkan oleh korban Arnold Lokbere bersama 3 orang masyarakat yang menjadi korban.

Lalu di hari sama, Jumat (26/8), sekitar pukul 16.00 WIT, petugas kembali menemukan salah satu korban dalam identifikasi di Sungai Kampung Pigapu, distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.

Kemudian petugas bergerak melakukan penangkapan. Pelaku APL dan DU diamankan pada Sabtu (27/8) di lokasi berbeda. Sementara pelaku RL diamankan pada Minggu (28/8) sekira pukul 10.00 WIT. Saat ini para pelaku sudah diamankan anggota Polres Mimika dan untuk oknum anggota TNI sudah ditangani oleh POM TNI.

"Polisi saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya berinisial RMH yang sudah ditetapkan status DPO oleh Polres Mimika," jelas Kamal.

Menurut Kamal, modus para pelaku melakukan aksinya dengan korban yang hendak membeli senjata api dari para pelaku. Kemudian para pelaku menyiapkan benda menyerupai senjata api untuk meyakinkan korban.

"Atas perbuatan para pelaku dikenakan dengan pasal tindak pidana kejahatan terhadap jiwa orang (pembunuhan) dan atau pencurian dengan kekerasan (curas), sebagaimana dimaksud dalam primer pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP Juncto Pasal 55, 56 KUHP dan atau pasal 365 KUHP," tandasnya.



Simak Video "Kapolri Sebut 12 KKB ditangkap, 48 Warga dan Aparat Tewas di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)