Berita Nasional

Irjen Ferdy Sambo Perintahkan Ambil CCTV Vital Kasus Pembunuhan Brigadir J

Tim detikNews - detikSulsel
Jumat, 19 Agu 2022 16:35 WIB
Apa Itu Yanma Polri? Tempat Dinas Baru Irjen Ferdy Sambo dkk
Foto: Irjen Ferdy Sambo. (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Polri mengungkap Irjen Ferdy Sambo sebagai orang yang memerintahkan mengambil CCTV vital dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Dalam temuan ini, Bareskrim Polri membaginya dalam lima klaster pemeriksaan.

"Dalam hal ini kita bagi menjadi lima klaster. Yang pertama, adalah Kompleks Aspol Duren Tiga," ungkap Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri dalam konferensi pers dilansir dari detikNews, Jumat (19/8/2022)

Dalam klaster tersebut, ada tiga orang yang diperiksa masing-masing berinisial N, M dan saudara AZ.


Ada pun klaster kedua, yang melakukan pengambilan DVR CCTV. Bareskrim Polri sudah melakukan pemeriksaan sebagai saksi empat orang, yaitu saudara AF, AKP IW, AKBP AC dan Kompol AM.

"Dan klaster yang ketiga adalah melakukan pemindahan transmisi dan melakukan pengerusakan. Yaitu tiga orang sudah dilakukan pemeriksaan. Kompol PW, Kompol CP dan AKBP AM," urai dia.

Sementara pada klaster keempat ada mereka yang yang memberi perintah pengambilan CCTV. Irjen Ferdy Sambo termasuk yang memerintahkan pemindahan dan pengerusakan CCTV tersebut, bersama dua orang lainnya.

"Dan klaster keempat adalah yang menyuruh melakukan. Begitu memindahkan dan perbuatan lainnya. Irjen FS, Brigjen HK dan juga AKBP AN," ungkap Asep.

Sementara pada klaster kelima ada empat orang yang diperiksa. Keempatnya adalah polisi.

"Dan klaster yang kelima. Ada empat. AKP DA, AKP RS, AKBP RRS, Bripda DR," jelasnya.

Temuan CCTV Vital Kunci Pengungkapan Kasus Sambo

Diketahui, Bareksrim Polri mengungkap penemuan CCTV yang jadi kunci penanganan kasus pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga, Jakarta Selatan. CCTV ini disebut merekam kejadian sebelum hingga sesudah kejadian tewasnya Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo.

"Alhamdulillah CCTV yang sangat vital yang menggambarkan situasi sebelum, sesaat dan setelah kejadian di Duren Tiga itu berhasil kami temukan," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi di Mabes Polri, Jakarta Selatan seperti dilansir dari detikNews, Jumat (19/8).

Andi Rian menuturkan CCTV yang ditemukan ini merekam sejumlah peristiwa penting di Duren Tiga. Kata Andi, CCTV ini baru ditemukan setelah serangkaian tindakan dilakukan penyidik.

"Dengan sejumlah tindakan penyidik," papar Andi.



Simak Video "Tim Advokat Penegakan Hukum Minta Komisi III Awasi Kasus Brigadir J"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)