Mesin ATM di Bone Dibobol Maling, Uang Rp 29 Juta Raib

Agung Pramono - detikSulsel
Jumat, 19 Agu 2022 09:46 WIB
Ilustrasi mesin ATM
Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Bone -

Mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di salah satu SPBU di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dibobol maling. Uang yang diperkirakan raib sesuai pemeriksaan awal polisi sebesar Rp 29 juta.

"Benar kejadian pembobolan mesin ATM. Saat ini sedang diselidiki," kata Kapolres Bone AKBP Ardyansyah kepada detikSulsel Kamis (19/8/2022).

Kejadian itu terjadi di SPBU Cabalu, Kelurahan Polewali, Kecamatan Tanete Riattang Barat pada Rabu (17/8) sekitar pukul 08.30 Wita. Pihak kepolisian juga sudah melakukan koordinasi dengan bank terkait insiden ini.


Ardyansyah mengatakan, awalnya pada pukul 08.00 Wita seorang nasabah bernama Sunarti Binti Sanawi (60) ingin menarik uang di mesin ATM tersebut. Selang beberapa saat mesin ATM belum merespons perintah yang diberikan.

"Ibu itu mau keluarkan ATM-nya juga tidak bisa. Makanya dia panggil pegawai pertamina Cabalu untuk dimintai bantuan penarikan uang. Pegawai tersebut masuk dan membantu menekan cancel untuk mengeluarkan kartu ATM-nya namun tidak bisa keluar," sebutnya.

Ardyansyah menuturkan, pegawai SPBU tersebut menyuruh Sunarti untuk segera melapor ke kantor cabang BRI karena kartu ATM-nya tertelan. Berselang 30 menit kemudian, Sunarti datang kembali lalu memanggil pegawai tersebut untuk melihat kembali ATM-nya.

"Setelah dicek mesin ATM tersebut sudah rusak. ATM dibobol, sekitar Rp 29 juta uang yang hilang di mesin ATM tersebut. Dari hasil pemeriksaan awal uang yang dibobol itu uang dalam mesin ATM," bebernya.

Ardyansyah menambahkan, pihaknya masih melakukan pendalaman dalam kasus ini. Petugas SPBU juga sudah dimintai keterangan terkait, dan mengumpulkan bukti di sekitar lokasi.

"Kami sementara melakukan penyelidikan. Termasuk mengamankan CCTV di sekitar lokasi," jelasnya.

Sementara Kepala BRI Unit Lamurukung, Erviana mengaku tak mengetahui jumlah pasti uang yang berada di dalam ATM. Apakah maling membawa semua uang dalam mesin tersebut.

"Karena ATM di SPBU Cabalu itu dipihakketigakan. Mereka juga sudah melaporkannya ke polisi," singkatnya.



Simak Video "Longsor Tutup Jalan di Parepare Sulsel, 4 Rumah Terdampak"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/tau)