Sulawesi Utara

Bocah di Sulut Tersangka Kasus Pemerkosaan Siswi SMP di Kuburan Ditahan

Trisno Mais - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 11:59 WIB
ilustrasi Perkosaan
Foto: Dok.Detikcom
Minahasa Selatan -

Polisi di Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut) menahan bocah berinisial NK (14) terkait kasus pemerkosaan siswi SMP (13) di kuburan. NK ditahan karena tidak kooperatif melakukan wajib lapor ke penyidik.

Bocah NK diamankan di Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kotamobagu, pada Jumat dini hari (5/8/2022). Tersangka kemudian ditahan di ruangan tahanan khusus anak Polres Minsel.

"Kami melakukan penangkapan terhadap tersangka di Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu," beber Kasat Reskrim Polres Minsel Iptu Lesly Lihawa saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/8/2022).


Lesly menjelaskan, awalnya tersangka tidak ditahan karena alasan NK masih sekolah. Hal itu berdasarkan permintaan orang tua tersangka.

"Awalnya tidak dilakukan penahanan karena permohonan pihak orang tua yang mana tersangka bersekolah," ujarnya.

Hanya saja penyidik menetapkan status tersangka berstatus sebagai wajib lapor di Polres Minsel. NK diwajibkan melapor tiap Jumat.

"Kami kemudian mengambil keputusan mewajibkan tersangka wajib lapor setiap hari Jumat, pada minggu berjalan," beber Lesly.

Namun berdasarkan evaluasi, polisi menyatakan tersangka tidak mengindahkan keputusan pihak penyidik. Bahkan NK mangkir dari panggilan Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas 1 Manado untuk kepentingan Penelitian Kemasyarakatan (LITMAS) dengan alasan tidak jelas.

Lesly mengaku sangat menyesalkan sikap dari pihak keluarga. Masalahnya selama pemeriksaan dan permintaan keterangan tersangka tidak kooperatif bahkan cenderung berbelit-belit atas proses hukum yang sedang berjalan.

"Sangat disesalkan pihak keluarga tersangka tidak mengindahkan bahkan cenderung tidak menghargai proses penyidikan yang sementara berjalan ini. Untuk tersangka saat ini sudah ditahan untuk proses hukum selanjutnya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, NK terungkap memperkosa korban di sebuah kompleks pekuburan di Desa Bongkudai Baru dan Desa Pinasungkulan, Kabupaten Minahasa Selatan sekitar pukul 17.30 Wita pada Kamis (7/4). Selanjutnya korban direkam video saat pemerkosaan berlangsung.

"Beberapa hari kemudian hasil rekaman itu dikirimkan terlapor (pelaku) kepada teman-teman terlapor sehingga video tersebut viral di media sosial," kata Kasat Reskrim Polres Minahasa Selatan Iptu Lesly Lihawa saat dihubungi detikcom, Rabu (25/5).

Pemerkosaan berawal saat pelaku NK menjemput korban di rumahnya menggunakan sepeda motor. Korban akhirnya dibawa ke lokasi pekuburan.



Simak Video "Perkosa Siswi SMP, Kuli Bangunan di Purwakarta Diciduk!"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)