Berita Nasional

Belum Terkuak Alasan Ferdy Sambo Perintahkan Bawahan Tembak Brigadir J

Tim detikNews - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 09:33 WIB
Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Polri telah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka, Ia merupakan dalang di balik penembakan Brigadir J yang dilakukan oleh Bharada E. Namun, hingga saat ini motif pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo terhadap Brigadir J masih menjadi misteri.

Dilansir dari detikNews, sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membenarkan penembakan terhadap Brigadir J dilakukan oleh Bharada E. Ia menyebut Bharada E melepaskan tembakan atas perintah atasannya, yaitu Ferdy Sambo.

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan Saudara RE atas perintah Saudara FS," ujar Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).


Mengenai motif pembunuhan tersebut, Sigit mengaku pihaknya masih mencoba mendalaminya. Timsus sedang berupaya menyelidiki pemicu terjadinya insiden penembakan yang menewaskan Brigadir J.

"Motif atau pemicu terjadinya peristiwa penembakan tersebut saat ini tentunya sedang dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap saksi-saksi, termasuk Ibu PC," kata Sigit.

Istri Ferdy Sambo Turut Diperiksa

Proses penyelidikan terus dilakukan demi mengungkap motif pembunuhan tersebut, pihak kepolisian masih berupaya memeriksa saksi-saksi terkait yang mengetahui insiden tersebut. Polisi juga akan memeriksa Istri Irjan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang berada di TKP saat insiden penembakan terjadi.

"Tadi sudah saya jelaskan bahwa terkait dengan motif saat ini sedang dilakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan terhadap Ibu Putri," ujar dia.

Sigit menyebut pihaknya sampai saat ini belum bisa menyimpulkan motif Irjen Sambo memerintahkan pembunuhan. Namun, Ia memastikan motif itu lah yang menjadi pemicu utama sehingga Sambo tega menghabisi nyawa Brigadir J.

"Jadi saat ini belum bisa kita simpulkan, namun yang pasti ini menjadi pemicu utama terjadinya peristiwa pembunuhan. Untuk apa kesimpulannya, tim saat ini terus bekerja. Ada beberapa saksi yang saat ini sedang diperiksa. Tentunya nanti akan kita informasikan," ucapnya.

Dalam keterangannya, Sigit menegaskan kejadian tersebut merupakan pembunuhan. Ia membantah keterangan yang menyebut kematian Brigadir J terjadi akibat baku tembak dengan Bharada E.

"Namun yang paling penting peristiwa utamanya apakah tembak-menembak atau yang terjadi penembakan ini saya kira tadi sudah dijelaskan secara terang," ujarnya.

Motif Sambo Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

Menko Polhukam Mahfud Md turut berkomentar mengenai motif Irjen Sambo perintah Bharada E tembak Brigadir J. Ia menduga motif tersebut relatif sensitif sehingga hanya boleh didengar oleh orang dewasa.

"Soal motif, biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam.

Mahfud mengaku menyerahkan menyerahkan sepenuhnya kasus ini untuk diselidiki Timsus Polri. Saat ini, pihak penyidik masih menyusun konstruksi perkara penembakan Brigadir J.

"Biar nanti dikonstruksi motifnya," ujar Mahfud.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo, Awalnya Belasungkawa Ternyata Dia Pelakunya"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/nvl)