Maluku

Aksi Tipu-tipu Polisi Gadungan di Ambon Tilang Pemotor-Bawa Kabur Ponsel

Tim detikcom - detikSulsel
Sabtu, 06 Agu 2022 06:45 WIB
Polisi gadungan di Kota Ambon.
Foto: Muslimin Abbas.
Ambon -

Polisi gadungan berinisial FL alias A di Kota Ambon, Maluku ditangkap polisi atas aksi penipuan. Pelaku terungkap membawa kabur ponsel milik 16 remaja dengan modus tilang.

"Modus dari tersangka itu adalah dia menggunakan masker TNI/Polri dan menggunakan helm Polri (saat melakukan tilang)," kata Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Moyo Utomo di Polresta Ambon, Jumat (5/8/2022).

Moyo menyebut FW memang menargetkan remaja yang tidak menggunakan helm untuk disetop kendaraannya. Kemudian FW akan seolah-olah menanyakan surat-surat kendaraan korban.


"Setelah pengendara tidak punya surat-surat dia meminta HP milik pengendara sebagai jaminan dan menerangkan kepada korban untuk ambil di kantor polisi terdekat," katanya.

Moyo mengatakan kebanyakan korban kemudian datang ke kantor polisi untuk mengambil handphone yang sebelumnya dijadikan jaminan. Namun ponsel itu tidak ditemukan.

"Ternyata setelah diselidiki korban ini sudah membawa surat-surat di kantor polisi terdekat ternyata tersangka ini tidak ada," katanya.

Karena banyaknya korban yang datang, polisi lantas melakukan penyelidikan. Akhirnya pelaku ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Atas peristiwa ini, polisi mengingatkan warga bahwa tidak ada polisi yang melakukan tilang dengan cara meminta handphone sebagai jaminan.

"Anggota lantas itu yang punya hak memeriksa kelengkapan apabila preman disarankan minta KTA supaya lebih jelas. Tidak ada (ambil handphone sebagai jaminan)," katanya.



Simak Video "Pura-pura Jadi Polisi, 4 Pria di Sleman Peras-Tuduh Orang Pelaku Klitih"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)