Propam Polda Sulut Usut Dugaan Oknum Brimob Begal Payudara Mahasiswi

Sulawesi Utara

Propam Polda Sulut Usut Dugaan Oknum Brimob Begal Payudara Mahasiswi

Trisno Mais - detikSulsel
Senin, 13 Jun 2022 18:56 WIB
A young woman protects herself by hand
Ilustrasi pelecehan seksual begal payudara mahasiswi oleh oknum Brimob di Manado (Foto: iStock).
Manado -

Propam kini turun tangan mengusut dugaan oknum anggota Brimob Polda Sulawesi Utara (Sulut) inisial YB melakukan pelecehan seksual begal payudara terhadap mahasiswi inisial AP. Oknum Brimob itu sudah dimintai keterangan.

"Dari Propam sudah," ujar Dansat Brimob Polda Sulut Kombes Brury Soekotjo Adhyakso Putro kepada detikcom, Senin (13/6/2022).

Brury mengaku belum dapat menyampaikan lebih lanjut soal penyelidikan Propam. Pasalnya, mahasiswi AP sendiri belum dimintai keterangan.


"Kalau kita untuk minta klarifikasi (kepada YB), pemeriksaan awal sudah. Hanya untuk diduga korban belum datang," katanya.

Brury kemudian menegaskan sebagai atasan langsung YB, dia siap memberi tindakan. Hanya saja dugaan pelecehan seksual begal payudara itu harus dibuktikan terlebih dahulu.

"Kami tidak mentolerir kalau itu informasi benar. Kita hukum sesuai ketentuan yang berlaku," kata Brury.

"Kalau misalnya terbukti, kalau melanggar kode etik, kita hukum sesuai kode etik," sambung Brury.

Sebelumnya diberitakan, mahasiswi AP yang mengaku menjadi korban begal payudara sudah melapor ke Polresta Manado pada Rabu(6/4). Pelecehan itu diduga dialami korban saat berboncengan motor ke kos-kosan rekannya di Kelurahan Bahu Kota Mdenga pada Selasa (5/4) malam.

"Jadi waktu itu hari Selasa tanggal 5 April 2022 sekitar jam 20:00 malam pelapor dengan temannya pergi ambil buku ke teman pelapor di belakang kantor rektorat Unsrat," kata kuasa hukum mahasiswi AP, Jelvitson Budiman kepada detikcom, Senin (13/6).

Di perjalanan AP dan rekannya melewati area belakang pagar rektorat Unsrat Manado yang mana saat itu terlapor YB yang sedang bersama 3 pria lainnya. Tanpa disangka YB diduga tiba-tiba melakukan pelecehan kepada AP yang dibonceng.

"Kemudian yang di sebelah kiri (pria YB) yang langsung ba pegang di payudara (satu pria yang di samping kiri langsung pegang payudaranya)," ujarnya.

Tanpa pikir panjang rekan AP langsung melaporkan ulah YB ke kakaknya sehingga kakak rekan AP itu datang bersama sejumlah warga lainnya. Namun YB membantah pelecehan seksual ketika didatangi warga sehingga sempat cekcok.

YB kemudian tak berpendidikan karena melakukan pelecehan kepada AP. Seketika YB mengaku sebagai anggota Brimob dan menunjukkan kartu identitasnya.



Simak Video "Waspada Pelecehan Seksual pada Laki-laki"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)