Sulawesi Tengah

Ancaman Pidana untuk Dokter Faisal yang Bersandiwara Hilang Misterius

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 28 Mei 2022 07:15 WIB
Dokter Faisal hilang misterius 20 hari lalu ditemukan ngamar bareng wanita (Dok. Istimewa)
Foto: Dokter Faisal hilang misterius 20 hari lalu ditemukan ngamar bareng wanita (Dok. Istimewa)
Tolitoli -

Dokter Faisal hilang misterius di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga ditemukan ngamar bareng wanita kini berbuntut panjang. Dokter Faisal terancam pidana perzinaan hingga dugaan pemalsuan dokumen.

Dokter Faisal yang dinyatakan hilang misterius di tepi jurang Jalan Poros Tolitoli-Buol pada Jumat (6/5) lalu rupanya hanya sandiwara belaka. Dokter Faisal sengaja membuat kesan dirinya hilang untuk menutupi aksinya kabur dengan wanita selingkuhan berinisial H alias U (43).

Ancaman Pidana Perzinaan

Polisi mengatakan dokter Faisal terancam pidana perzinaan karena ulahnya hilang misterius hingga kabur dengan wanita selingkuhan. Dokter Faisal sebenarnya sudah memiliki seorang istri.


Hal serupa juga berlaku bagi wanita H yang juga sudah memiliki suami di Sulawesi Barat (Sulbar). Sementara keduanya digerebek bersama dalam kamar.

"Untuk persangkaan pidananya ini kita bisa tuntut dia kita gunakan Pasal 284 perzinaan namun harus ada pelapornya," ujar Kapolres Tolitoli AKBP Ridwan Raja Dewa saat dihubungi detikcom, Jumat (27/5).

Ridwan menegaskan dokter Faisal dan H patut diduga sebagai selingkuhan. Oleh sebab itu keduanya patut diduga melakukan perzinaan.

"Dugaan sementara (perzinahan), sudah terikat perkawinan (masing-masing) apalagi (kalau bukan dugaan perzinaan)," katanya.

Lebih lanjut Ridwan menyampaikan dugaan pidana ini tak bisa serta merta diterapkan. Dia mengatakan pihaknya hanya bisa bergerak mengusut jika ada pihak keberatan.

"Dari pihak keluarga masih berkonsultasi untuk melaporkan perbuatan (dugaan perzinaan) mereka berdua," ujarnya.

Pidana Dugaan Pemalsuan Dokumen

Selain terancam pidana perzinaan, dokter Faisal juga diproses dugaan pidana pemalsuan dokumen. Pasalnya ditemukan sebuah kartu keluarga (KK) milik dokter Faisal dan wanita H.

Polisi mensinyalir keterangan bahwa dokter Faisal dan wanita H sudah menikah seperti tertuang dalam KK yang diduga palsu itu telah dimanipulasi. Hal ini karena dokter Faisal dan wanita H sebenarnya sudah punya pasangan masing-masing yakni dokter Faisal memiliki seorang istri dan wanita H memiliki suami di Sulawesi Barat (Sulbar).

"KK-nya suami istri di situ. Dia tidak mau bilang, dia berteman, tapi apa maksud itu suami istri (keterangan dalam KK)," cetus Ridwan.

Polisi juga mendalami kasus ini dan berkoordinasi dengan Dukcapil setempat. Kepolisian menduga ada keterlibatan oknum Dukcapil.

"Sementara kita masih mengejar siapa terlibat (pemalsuan dokumen), kalau ada terlibat orang Dukcapil kita sikat orang Dukcapil-nya. Iya betul, (ada) manipulasi," kata Ridwan.

Ingin Mulai Hidup Bersama

Dokter Faisal disebut meninggalkan sang istri karena ada masalah. Berbekal KK yang diduga palsu, dokter Faisal hendak memulai hidup baru di Kota Makassar bersama H.

"Menurut mereka mau ke Gorontalo terus mau ke Makassar. Dia mau cari usaha di sana, berdua memulai hidup baru," ungkap Ridwan.

Namun seperti diketahui, upaya pelarian dokter Faisal dan wanita H gagal. Keduanya tertangkap polisi di sebuah penginapan di Kecamatan Paleleh, Buol, pada Kamis (26/5).

"Ternyata ada warga melihat orang mirip dengan dokter Faisal di Kecamatan Paleleh di Buol, perbatasan Gorontalo," kata Ridwan.

Hingga kini dokter Faisal dan wanita H telah diamankan di Polres Tolitoli. Mereka masih diperiksa intensif.



Simak Video "Kasus Pedemo Sulteng yang Tewas Tertembak Naik ke Tahap Penyidikan! "
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)