Kalimantan Timur

Pria di Berau Perkosa Gadis Keterbelakangan Mental, Korban Dicekoki Miras

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Senin, 18 Apr 2022 23:00 WIB
ilustrasi
Ilustrasi gadis keterbelakangan mental diperkosa (Foto: Dok.Detikcom)
Berau -

Pria berinisial SM (32) ditangkap polisi karena memperkosa gadis keterbelakangan mental berusia 22 tahun di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Pelaku lebih dahulu mencekoki korban dengan anggur merah sebelum melakukan aksi bejatnya.

"Setelah diberikan minuman, korban yang keterbelakangan mental ini mengalami mabuk berat. Kemudian dilakukan pemerkosaan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sadar," ungkap Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono saat dimintai konfirmasi, Senin (18/4/2022).

Anggoro menjelaskan, peristiwa itu terjadi saat korban sedang berada di salah satu rumah rekannya di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanjung Redeb, Berau pada Senin dini hari (11/4). Saat itu SM datang dan mengajak rekan-rekan dan rekan-rekannya untuk menggelar pesta miras di kediamannya.


Singkat cerita, rekan-rekan korban keluar membeli makanan dan korban ditinggal sendiri di rumah pelaku. Korban yang mabuk berat lantas dibawa pelaku ke dalam kamar kemudian diperkosa.

"Pelaku memperkosa korban saat teman-teman korban pergi membeli makanan, saat itu korban yang dalam keadaan mabuk berat langsung dibawa pelaku di dalam kamar dan terjadi tindak pemerkosaan," terangnya.

Saat rekan korban kembali di rumah pelaku, korban ditemukan dalam kondisi setengah bugil di dalam kamar. Korban akhirnya dibawa pulang ke rumahnya.

"Pada paginya korban bangun dan didapati pihak keluarga dalam kondisi sakit di bagian kemaluan," bebernya.

Atas kejadian itu pihak keluarga pun melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian. Dari hasil visum didapati luka di bagian kelamin korban akibat dugaan kekerasan seksual.

"Dalam pemeriksaan visum, korban masih perawan, tapi mengalami luka di bagian kelamin," ujarnya

"Tapi kalau dilihat kronologis, kesesuaian TKP, ada indikasi penganiayaan. Tapi nanti kita dalami lagi," sambungnya.

Atas kondisi tersebut, polisi langsung meringkus SM. Saat diamankan, SM yang merupakan pekerja swasta mengakui perbuatannya.

"Hubungan yang bersangkutan teman, kami masih selidiki, karena perbuatan pelaku sungguh tidak berperilaku kemanusiaan karena korban keterbelakangan mental," tuturnya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 286 KUHP yang berbunyi, barang siapa bersetubuh dengan perempuan yang bukan istrinya sedang diketahuinya bahwa perempuan itu pingsan atau tidak berdaya terancam penjara paling lama 12 tahun.



Simak Video "Perkosa Siswi SMP, Kuli Bangunan di Purwakarta Diciduk!"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)