Sulawesi Tenggara

Tari Lumense asal Bombana akan Dipentaskan saat HUT RI ke-77 di Istana Negara

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Senin, 08 Agu 2022 18:11 WIB
Tari Lumense asal Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra)
Tari Lumense Foto: Kemdikbud
Sultra -

Tari Lumense asal Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dipentaskan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke-77 di Istana Negara. Tari tradisional suku Moronene ini dipilih karena dinilai memiliki keunikan dan sakral.

"Tarian ini dianggap unik dan sakral sehingga layak tampil di Istana Negara Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Bombana Anisa Sri Prihati dihubungi detikcom, Senin (8/8/2022).

Anisa mengatakan 100 orang yang akan diutus untuk mementaskan Tarian Lumense di Istana Negara, termasuk penabuh. Ia menyebut seluruh peserta yang diutus merupakan putra-putri terbaik Sultra.


"Peserta dari putra-putri terbaik dari Sulawesi Tenggara, sebanyak 100 orang termasuk penabuh," beber dia.

Lebih lanjut Anisa mengatakan para peserta rencananya berangkat ke Jakarta pada Minggu (14/8) mendatang. Kemudian pada Senin (15/8) para penari akan malangsungkan gladi bersih.

"Waktu penampilannya 17 Agustus pagi. Sampai saat ini kesiapan kami sudah mencapai 90 persen," ungkapnya.

Anisa mengungkapkan Tari Lumense menjadi salah satu penampilan pada HUT RI ke-77 di Istana Negara berawal dari hasil kurasi Festival Tengkeno di Bombana beberapa waktu lalu. Ia mengatakan Tim Kurator saat itu tertarik dengan tarian suku Morenene tersebut.

"Ketua tim kurator tertarik dengan Tarian Lumense, pada saat kami paparkan diminta untuk disurvei terkait pendalaman, dirasa unik dan sakral," ungkapnya.

Meski demikian, Anisa tidak menampik adanya upaya dari Pemerintah Daerah untuk menjadikan Tarian Lumense sebagai salah satu seni yang dipentaskan di Istana Negara pada HUT RI ke-77 mendatang.

"Tentunya melalui perjuangan panjang dengan secara terus-menerus kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Alhasil kami mendapatkan surat resmi dari Kepala Sekretariat Presiden RI kepada gubernur Sultra dan ditembuskan ke Bupati Bombana," ungkapnya.

Upaya itu akhirnya mendapat respon positif dari Pemerintah Pusat. Ia mengatakan kesempatan ini merupakan kehormatan bagi Sultra untuk Indonesia.

"Kami mengucapkan terimakasih tiada terhingga kepada seluruh masyarakat yang sudah mendukung dan men-support. Semoga kita dari Wonua Bombana terkhusus Wonuaku Tokotua mendoakan kelancaran sampai hari H," harapnya.



Simak Video "Melihat Antusiasme Warga Kulon Progo Pasang Seribu Lampu untuk HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/alk)