Sosok Ayi Kreepeek, Musisi Pencipta Lagu Linting Daun yang Viral

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Selasa, 14 Jun 2022 20:11 WIB
Pencipta lagu viral Linting Daun, Ayi Kreepeek
Pencipta lagu viral Linting Daun, Ayi Kreepeek (Foto: Istimewa)
Gorontalo -

Ali Ridwan Gailea atau lebih dikenal dengan nama panggung Ayi Kreepeek merupakan sosok di balik terciptanya lagu viral Linting Daun. Kreepeek sendiri merupakan salah satu band hiphop lokal di Gorontalo.

Lagu Linting Daun atau "Say No To Drugs" merupakan langkah awal Ayi Kreepeek menjadi pencipta lagu. Dia sebenarnya sebagai rapper dari grup musik hiphop asal Gorontalo Kreepeek yang terbentuk pada awal 2005.

Grup Kreepek menjadi jalan masuk Ayi Kreepeek ke industri hiburan. Dia bersama dua orang temannya yakni Upik dan Rio, memutuskan membentuk grup Kreepeek dengan menyanyikan dua karya lagu berjudul 'Pemimpin Terbaik' dan 'Hip Hop Hari Ini' ciptaan Upik.


"Awalnya kita (Ayi, Rio, Upik), satu kompleks perumahan dan rumah kita saling berdekatan dan hobi kita pun sama, sama-sama suka musik hiphop," kata Ayi Kreepek kepada detikSulsel, Senin (13/6/2022).

Bermusik bukanlah hal baru bagi Ayi Kreepeek, karena darah seni mengalir di tubuhnya. Sang ayah, merupakan mantan pemain gitar band keroncong di Maluku Utara.

"Saya memang suka menyanyi, memang ada darah seni, Ayah saya mantan pemain gita band keroncong," ungkap pria kelahiran Ternate 11 Mei 1981 ini.

Tidak lama Kreepeek terbentuk, Ayi Kreepeek mengikuti jejak Upik untuk menciptakan lagu. Tanpa pengalaman, Ayi menciptakan lagu Linting Daun yang saat itu diberi judul "Say No to Drugs" dalam waktu yang cukup singkat dan fasilitas terbatas. Lagu ini diikutkan ajang lomba yang digelar oleh BKKBN Gorontalo terkait Narkoba dan AIDS.

"Linting Daun atau Say No to Drugs ini merupakan karya cipta saya yang pertama," ungkap Ayi

Meskipun lagu Linting Daun tidak mampu menyabet gelar juara saat itu, Ayi tidak patah semangat. Pria asal Maluku Utara ini tetap berkarya.

Awalnya, ia mencoba mengaransemen ulang lagu Linting Daun pada tahun 2006, tetapi sambutannya masih tidak terlalu menggembirakan. Namun, 16 tahun kemudian, di tahun 2022 lagu ini viral setelah ramai diparodikan warganet.

Setelah lagu Linting Daun, Ayi kembali membuat beberapa lagu. Karya-karyanya selama 16 tahun antara lain Opa Maniso, Hip Hop Raggae, So Manyasal, Goyang Happy, dan masih banyak lainnya.

Di Gorontalo, Ayi Kreepeek bersama grupnya cukup dikenal. Bahkan, sebagian orang di Gorontalo sudah tahu bahwa lagu viral tersebut merupakan karya lawas dari Ayi Kreepeek.

Hanya saja Ayi Kreepeek menyayangkan karyanya disebut sebagai milik orang lain. Pasalnya, tidak sedikit yang menyebut lagu Linting Daun merupakan karya Bondan Prakoso, sementara dia adalah pihak yang menyanyikan ulang karya tersebut.

"Ya karya kita diambil orang, diganti-ganti nama. Seperti di YouTube itu pakai namanya Bondan. Hargailah karya orang," kata Dia.

Rencananya untuk mengklaim hak cipta atas lagu linting daun sebagai karyanya, Ayi Kreepeek kembali melakukan remake terhadap lagu tersebut dengan menggaet penyanyi lokal dari Ambon, Putri Pasanea.

"Jadi file asli lagunya sudah hilang, jadi saya garap ulang untuk daftarkan ke YouTube," pungkasnya.



Simak Video "Gabung di TikTok, Beyonce Bawa Semua Katalog Musiknya"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)