Mobil Truk Terbalik di Sampoddo Palopo, Lalin Macet 10 Kilometer

Mobil Truk Terbalik di Sampoddo Palopo, Lalin Macet 10 Kilometer

Arzad - detikSulsel
Minggu, 06 Nov 2022 13:06 WIB
Truk terbalik di Palopo, Sulsel mengakibatkan lalin macet sepanjang 10 kilometer.
Truk terbalik di Palopo, Sulsel mengakibatkan lalin macet sepanjang 10 kilometer. Foto: (Arzad/detikSulsel)
Palopo -

Mobil truk bermuatan jagung terbalik di tanjakan pegunungan Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya lalu lintas (lalin) mengalami kemacetan sepanjang 10 kilometer.

Pantauan detikSulsel di lokasi, Minggu (6/11/2022) pukul 12.45 Wita, warga bersama aparat kepolisian membantu membersihkan sisa-sisa jagung yang tertumpah. Tampak sejumlah kendaraan dari arah Kota Palopo menuju Kabupaten Luwu terjebak kemacetan yang cukup panjang.

Menurut informasi warga sekitar, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 11.30 Wita. Truk membawa muatan jagung tidak bisa melewati jalan menanjak hingga membuatnya mundur lalu terbalik dan menutupi sebagian badan jalan.


"Muatannya berat tidak bisa menanjak jadi mundur, tidak bisa mi mungkin na kendalikan jadi terbalik," ujar Andi Makassau, warga Kelurahan Sampoddo saat ditemui detikSulsel.

Akibat peristiwa ini, akses lalu lintas mengalami kemacetan sepanjang 10 kilometer dari arah Palopo menuju Kabupaten Luwu. Polisi yang tiba di lokasi memberlakukan sistem buka tutup dibantu oleh warga.

"Antreannya panjang sekali kurang lebih 10 kilometer arah ke Palopo. Tidak bisa lewat tadi malah kendaraan itu, tapi sekarang sudah ada polisi dari Polsek Wara Selatan dan sat lantas datang dan berlakukan buka tutup dibantu sama warga Sampoddo dan teman-teman SPC," tutur Makassau.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja muatan jagung truk tersebut masih berhamburan di badan jalan dan sementara dibersihkan oleh warga sekitar.

"Masih macet itu sampai sekarang, jagungnya kasihan tumpah semua kalau korban alhamdulillah tidak ada, itu ji mobilnya mau dievakuasi sama jagungnya yang terhambur dibersihkan sama warga," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Palopo Ipda Arifuddin mengatakan saat ini pihaknya masih mengupayakan untuk mengevakuasi mobil tersebut menggunakan truk derek.

"Anggota sudah di lokasi, kita usahakan mobil penderek dulu untuk evakuasi, kalau manual itu tidak bisa," ucapnya saat dikonfirmasi terpisah.

Pihaknya mengupayakan jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan hari ini juga. Kendati begitu pihaknya juga masih sementara mencari truk penderek yang bisa digunakan untuk mengevakuasi kendaraan tersebut.

"Berupaya kita untuk carikan itu mobil derek paling lambat ini hari kita usahakan karena antre panjang sekali mi itu kendaraan," pungkasnya.



Simak Video "Ricuh Pemilihan BEM IAIN Palopo, Kampus Dirusak-Polisi Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/ata)