Video Babi Hutan Masuk Runway Bandara Toraja saat Pesawat Mendarat

Video Babi Hutan Masuk Runway Bandara Toraja saat Pesawat Mendarat

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Jumat, 07 Okt 2022 13:27 WIB
Tana Toraja -

Seekor babi hutan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat geger usai masuk ke landasan pacu bandara saat sebuah pesawat baru saja selesai mendarat. Akibatnya babi hutan itu diburu oleh sejumlah warga.

Dalam video beredar, tampak babi hutan itu berlari di dekat landasan pacu. Tidak jauh posisi babi hutan itu terlihat sebuah pesawat sedang melaju.

Selanjutnya dua orang mencoba menghadang babi hutan itu namun gagal. Kemudian terlihat lagi dua orang lainnya yang mencoba menangkap babi hutan itu, namun salah satu di antaranya justru menghindar saat babi hutan itu mendekat dan babi hutan itu lagi-lagi lolos.


Dalam potongan video lainnya, tampak babi hutan itu kembali dihadang oleh sedikitnya lima orang pria. Posisi babi hutan terdesak sehingga menanduk warga yang akan menangkapnya.

Kepala Bandara Toraja Agus Nurcahyono mengatakan aksi warga menangkap babi hutan itu terjadi pada Rabu (5/10). Dia mengatakan babi hutan itu berhasil ditangkap warga.

"Kemarin itu ada babi babi hutan yang terobos masuk Bandara dan berkeliaran di landasan pacu pesawat," kata Agus Nurcahyono kepada detikSulsel, Kamis (6/10/2022).

"Petugas bandara itu yang buru, jadi saat mereka melakukan pembersihan rumput ilalang di samping pagar, mereka lihat babi masuk ke area bandara jadi mereka kejar," ungkapnya.

Menurut Agus, masuknya babi hutan di area steril Bandara Toraja baru pertama kali terjadi. Atas kejadian tersebut, pihaknya akan lebih ketat melakukan patroli di kawasan bandara, utamanya di areal steril.

"Kita juga kaget, kok ada babi masuk ke dalam areal bandara, padahal kita sudah membersihkan areal bandara setiap saat. Kita akan sering-sering patroli nanti karena bahaya juga kalau ini terjadi," tandasnya.

(hmw/nvl)