Papua

Anak Muda Papua Puji Pembangunan Infrastruktur-Kesehatan Era Jokowi

Jihaan Khoirunnisa - detikSulsel
Kamis, 06 Okt 2022 11:42 WIB
Sahabat Ganjar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Mahasiswa dan mahasiswi asal Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam organisasi Eksponen Muda Papua memuji kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dinilai berhasil melakukan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Ketua Umum Eksponen Muda Papua Rahman Fatur mengatakan pembangunan Jokowi mulai dari infrastruktur, ekonomi, sosial kesehatan, pendidikan telah dirasakan masyarakat, bahkan hingga ke wilayah pedalaman.

Hal itu disampaikan Rahman usai menghadiri diskusi dengan tema 'Mendorong Pembangunan Berkelanjutan untuk Kemajuan Papua'. (Keberhasilan Pembangunan di Papua di era Presiden Joko Widodo). Acara tersebut berlangsung di Gedung EMP, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10) kemarin, serta dihadiri oleh 80 peserta, yang merupakan perwakilan mahasiswa Papua yang kuliah di Jabodetabek, khususnya di Jakarta.


"Di sektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan lainnya, pembangunannya sampai ke daerah pedalaman. Dulunya belum tersentuh, oleh Presiden Jokowi itu semua sudah terealisasi baik," kata Rahman dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Sebab kehadiran infrastruktur membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat. Dikatakannya dengan infrastruktur yang memadai maka dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan, sehingga mempercepat jalur logistik.

Diketahui, pemerintah telah melaksanakan pembangunan sejumlah infrastruktur di Bumi Cenderawasih. Di antaranya proyek jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke.

Rahman menyatakan pembangunan di era Jokowi di Papua merata, di hampir semua sektor. Bahkan, Jokowi belasan kali datang langsung ke Papua untuk mengecek progres pembangunan, dan memastikan prosesnya berjalan dengan efektif dan maksimal.

Dia mengungkapkan Jokowi juga telah membuat Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Hal ini dinilainya sebagai bentuk keseriusan terhadap pembangunan di Tanah Papua.


"Presiden Jokowi dalam pemerintahannya berjalan efektif dalam membangun Papua, dan itu yang memang kita rasakan dan juga secara realitas di lapangan demikian. Jokowi menjalankan pemerintahan sangat luar biasa," tegasnya.

Rahman berharap pemerintahan Jokowi terus meningkatkan membangun di Papua. Ia pun bersiap mendukung kebijakan untuk kebaikan Papua.

Selain itu, Rahman juga berharap Eksponen Muda Papua bisa menjadi wadah bagi anak muda Papua mengembangkan minat, bakat dan pengembangan dirinya untuk kemajuan bangsa, khususnya di Papua.

(akn/ega)