Banjir di Palopo gegara Sungai Amassangan Meluap, Warga Mulai Mengungsi

Banjir di Palopo gegara Sungai Amassangan Meluap, Warga Mulai Mengungsi

Arzad, Rachmat Ariadi - detikSulsel
Kamis, 06 Okt 2022 00:37 WIB
Banjir di Kelurahan Dangerakko, Kota Palopo, Sulsel.
Foto: Banjir di Kelurahan Dangerakko, Kota Palopo, Sulsel. (dok. istimewa)
Palopo -

Banjir di sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) disebabkan Sungai Amassangan yang meluap. Warga pun kini sudah mulai mengungsi karena ketinggian air sempat mencapai dada orang dewasa.

"Tiba-tiba air datang. Sekitar jam 23.00 Wita, makanya kita mengungsi ini," kata Rina, salah seorang warga Kecamatan Wara, Kota Palopo, kepada detikSulsel, Kamis (6/10/2022).

Rina mengungkapkan, banjir bandang terjadi karena luapan air dari Sungai Amassangan. Hujan disebutnya memang terjadi dengan intensites tinggi sejak sore hari.


"Hujan dari sore memang. Air Sungai Amassangan ini meluap. Airnya sampai dada," ungkapnya.

Hingga saat ini, kata Rina, tim dari BPBD dan Basarnas Palopo sementara masih melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir bandang.

"Tadi BPBD yang evakuasi kami pakai perahu karet," beber Rina.

Warga Kecamatan Wara lainnya, Andi Masangadi mengungkapkan banjir yang menerjang cukup parah di beberapa titik. Sebagian warga mulai mengungsi di rumah keluarga yang tidak terdampak banjir.

"Di jalan poros juga itu parah sekali, susah kendaraan lewat karena tingginya sampai di lutut. Dari arah Taman Baca sampai lorong masuk Dangerakko," ungkapnya.

"Air dari sungai yang dari arah Latuppa itu masuk ke sini. Yang paling parah ini mi Jalan Belimbing karena paling dekat sungai itu. Tinggi sekali juga air sampai dada tadi tapi agak surut mi sampai pinggang," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir melanda Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) malam ini. Ketinggian air dilaporkan mencapai pinggang orang dewasa.

"Iya (banjir). di (kelurahan) Dangerakko dan di Amassangan," kata Camat Wara, Sainal Sahid saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Kamis (6/10).

Sainal mengatakan ketinggian air saat ini mencapai pinggang orang dewasa. Namun dia belum mengetahui detail daerah mana saja yang terdampak banjir tersebut.

"Kalau tadi sampai di pinggang itu di (Jalan) Ahmad Dahlan dan di Belimbing, tidak bisa ki masuk tadi, masuk di Belimbing," terangnya.

Simak Video 'Ribuan Warga Palopo Terdampak Banjir dan Tanah Longsor!':

[Gambas:Video 20detik]



(asm/asm)