Sulawesi Barat

Warga Mamuju Ditandu 1 Km-Seberangi Sungai 1 Jam demi Berobat ke Puskesmas

Hafis Hamdan - detikSulsel
Rabu, 05 Okt 2022 20:26 WIB
Warga di Mamuju, Sulbar, ditandu untuk berobat ke puskesmas.
Foto: Warga di Mamuju, Sulbar, ditandu untuk berobat ke puskesmas. (Dok. Istimewa)
Mamuju -

Seorang warga di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Ardin Limpa (35) terpaksa ditandu hingga menyeberangi sungai dengan perahu kecil untuk bisa berobat ke puskesmas yang berjarak 21 kilometer. Ardin dibopong warga lantaran akses jalan yang sulit menuju puskesmas terdekat di wilayah tersebut.

"Kita tandu ke sungai dulu sekitar 1 kilometer baru naik perahu sekitar 1 jam lebih juga, jaraknya 20 kilometer dari sungai naik katinting (perahu) sampai puskesmas," ungkap Nelson, keluarga korban yang ikut menandu, Rabu (5/10/2022).

Nelson mengatakan, Ardin harus dirawat ke puskesmas usai lehernya luka saat mengerjakan mata panah ikan menggunakan mesin gerinda di kediamannya di Desa Kinatang, Kecamatan Bonehau, pada Selasa (4/10) sore. Nahas, mata gerinda yang dipakai terlepas hingga mengenai leher sampai mengalami pendarahan parah.


"Kena mata gurinda lehernya (Ardin), kita tandu ke pinggiran sungai baru naik perahu untuk ke puskesmas," ujar Nelson, keluarga korban yang ikut menandu, Rabu (5/10/2022).

Keluarga hingga warga sekitar kemudian membantu korban untuk ke puskesmas. Namun karena akses jalan yang sulit dan tidak bisa dilalui roda empat, warga harus menggunakan sarung dan sebilah bambu untuk menandu korban.

"Ada jalan lain tapi tidak bisa masuk mobil karena lewat hutan-hutan," sebut Nelson.

Nelson menyebut akses jalan dari Desa Kinatang menuju puskesmas yang terletak di Kecamatan Bonehau memerlukan waktu sekira 2 jam. Dia bersama warga lainnya lebih dulu menandu korban dari desa ke pinggiran sungai sekitar 1 kilometer.

"Jauh jaraknya desa ke puskesmas. Kita lewati sungai dulu sejam lebih pakai katinting," paparnya.

Sementara kondisi korban saat ini masih dalam perawatan intensif. Rencananya Ardin bakal dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

"Semalam sudah dirawat, cuman infonya mau dirujuk hari ini," pungkasnya.



Simak Video "Warga Sakit di Tana Toraja Ditandu ke Puskesmas Sejauh 13 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)