Gubernur Papua Lukas Enembe Terungkap Pakai Jet Pribadi Milik Orang Singapura

Berita Nasional

Gubernur Papua Lukas Enembe Terungkap Pakai Jet Pribadi Milik Orang Singapura

Tim detikNews - detikSulsel
Senin, 03 Okt 2022 20:23 WIB
Pramugari PT RDG Airlines Tamara Anggraeny (Hanafi/detikcom)
Foto: Pramugari PT RDG Airlines Tamara Anggraeny (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa pramugari PT RDG Airlines, Tamara Anggraeny sebagai saksi kasus dugaan korupsi dengan tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe. Tamara mengungkapkan jika jet yang sering dipakai Lukas Enembe merupakan milik orang Singapura.

"Punya pribadi, orang Singapura," kata Tamara usai pemeriksaan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan dilansir detikNews, Senin (3/10/2022).

Menurut Tamara, penyidik KPK menanyakan aktivitas penerbangan yang dilakukan oleh Lukas Enembe. Tamara kemudian menjelaskan soal Lukas Enembe yang sering menggunakan jasa penyedia jet ke berbagai tempat.


"Cuma masalah penerbangan saja sih. Banyak banget, beberapa kali," beber Tamara Anggraeny.

Soal materi pemeriksaan, Tamara mengaku hanya ditanya soal penerbangan. Namun dia enggan menjelaskan lebih jauh soal pertanyaan yang diajukan penyidik.

"Nggak (ada soal pemberian). Penerbangan saja. Nanti biar bapak-bapak KPK-nya yang ngejelasin ya," tuturnya.

KPK diketahui memanggil Pramugari PT RDG Airlines Tamara Anggraeny terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menjerat Lukas Enembe (LE). Tamara diperiksa sebagai saksi.

"Hari ini pemanggilan dan pemeriksaan saksi dalam perkara dugaan TPK suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua dengan tersangka LE," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (3/10).

Dilihat dari laman situsnya, PT RDG Airlines merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jet pribadi.

KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka. Pengacara Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, membantah dugaan korupsi yang disangkakan KPK kepada kliennya.

Selain itu, KPK juga sudah melayangkan panggilan pemeriksaan kepada Lukas. Hanya saja, Gubernur Papua itu belum memenuhi panggilan. Kuasa hukum Lukas Enembe, Aloysius Renwari, menyebut kliennya masih dalam perawatan sehingga tidak dapat menghadiri panggilan KPK.



Simak Video "'Sambutan' Massa di Luar Rumah Lukas Enembe Saat Didatangi Ketua KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)