Pesta Panen Padi di Soppeng Dimeriahkan Lomba Balapan Ojek Gabah

Pesta Panen Padi di Soppeng Dimeriahkan Lomba Balapan Ojek Gabah

Agung Pramono - detikSulsel
Senin, 03 Okt 2022 03:45 WIB
Lomba ojek gabah atau taksi di Soppeng
Lomba ojek gabah atau taksi di Soppeng (Istimewa)
Soppeng -

Warga di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar balap sepeda motor taksi atau ojek gabah dalam rangka memeriahkan pesta panen padi. Para peserta lomba balap taksi ini diwajibkan mengangkut sekarung gabah.

"Lomba ketangkasan ojek gabah masyarakat Lamogo dan memperingati pesta panen di Lamogo. Peserta diwajibkan membawa karung gabah," kata Ketua Panitia Balapan Ojek Gabah Rustam kepada detikSulsel, Minggu (2/10/2022).

Balapan itu dilaksanakan di Tomma Lamogo, Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Balapan tersebut digelar sejak Sabtu (1/10) kemarin hingga Minggu (2/10).


Rustam menyebut, pagelaran pesta panen merupakan kegiatan yang dilaksanakan masyarakat sebagai bentuk kesyukuran telah menuai hasil panen. Melalui pesta panen ini sekaligus menjadi suatu ajang untuk mengembangkan seni budaya dan kreatifitas yang ada di masyarakat.

"Masyarakat di Lamogo, Desa Pattojo yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama PETO bekerjasama dengan Remaja Masjid Raudhatul Mujahidin Lamogo dan Gapoktan Desa Pattojo kemudian berinisiatif mengadakan perlombaan ketangkasan ojek gabah sebagai bentuk perayaan pesta panen," sebutnya.

Rustam menuturkan, melihat animo yang tengah berkembang di masyarakat maka dari itu kegitan balap ojek gabah diharapkan dapat menjadi wadah dalam menyalurkan minat. Mampu menghibur masyarakat setempat maupun masyarakat luar serta menghadirkan perputaran ekonomi kreatif khususnya di masyarakat Lamogo.

"Sumber dana kegiatan ini adalah swadaya masyarakat Lamogo dan sponsor dari berbagai pihak. Untuk hadiah peserta berupa medali, sertifikat dan uang tunai. Serta doorprize bagi penonton," jelasnya.

Sementara Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak berharap lewat kegiatan ini para generasi muda bisa menyalurkan bakat dan hobinya. Tentunya masyarakat juga akan merasa terhibur dengan tontonan yang menarik oleh para peserta lomba ketangkasan ojek gabah.

"Ojek gabah yang biasanya kita lihat hanya beraksi di sawah pada saat musim panen tiba. Sekarang akan kita lihat bersama lomba pada ketangkasan ojek gabah ini, dalam rangka pagelaran pesta panen," ucapnya.



Simak Video "Duduk Bareng Jokowi, Petani Tebu di Mojokerto Curhat soal Harga Pupuk"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)