Sulawesi Barat

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Petani di Polman Adu Kecepatan Motor Taxi

Abdy Febriady - detikSulsel
Minggu, 14 Agu 2022 23:30 WIB
Petani di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) turut ambil bagian dalam pelaksanaan balapan motor Taxi dalam rangka HUT RI ke-77.
Foto: Balapan motor Taxi di Polman dalam rangka HUT RI ke-77. (dok.ist)
Polman -

Petani di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) turut ambil bagian dalam pelaksanaan balapan motor Taxi dalam rangka HUT RI ke-77. Selama balapan, peserta harus membawa sekarung sekam yang beratnya mencapai 70 kilogram.

"Jadi dalam acara memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 ini, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan diberi amanah untuk menjadi penyelenggara taxi race," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Polewali Mandar, Hassani kepada wartawan, Minggu (14/8/2022).

Balap motor taxi ini berlangsung di Sirkuit Motor Cross, Kawasan Sport Center, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Balapan berlangsung dua hari, mulai Sabtu kemarin (13/8) hingga Minggu (14/8).


Hassani menjelaskan Taxi adalah sebutan sepeda motor yang telah dimodifikasi khusus, dimanfaatkan para petani di daerah ini untuk mengangkut gabah hasil panen ke lokasi pengumpulan ataupun rumah.

"Para peserta balap motor taxi ini adalah para sahabat pertanian yang biasa mengangkut gabah dari tempat panen ke tempat pengumpulan, jadi untuk menghargai mereka, kita menggelar taxi race," jelasnya.

"Mudah-mudahan dengan upaya ini, silaturahim kita dengan mitra kita ini (petani), betul-betul bisa meningkat dan memberi semangat bagi mereka dan menggembirakan buat mereka dalam rangka merayakan hari ulang tahun kemerdekaan," pungkas Hassani.

Lintasan yang dijajal para peserta memiliki berbagai rintangan. Selama balapan, peserta juga harus membawa sekarung sekam yang beratnya mencapai 70 kilogram. Akibatnya, tidak sedikit peserta terjatuh hingga gagal melanjutkan lomba.

Salah satu peserta bernama Herul berharap kegiatan serupa dapat selalu digelar, untuk meningkatkan kebersamaan sesama petani khususnya di daerah ini.

"Kami sangat senang karena pemerintah menggelar kegiatan ini, semoga bisa selalu dilaksanakan, selain menjadi hiburan juga bisa menjadi penyemangat para petani di daerah ini," tutup Herul.



Simak Video "Cerita Pria di Polman Raup Cuan Lewat Promosi Potensi Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)