Wilayah Sudiang Makassar Diguyur Hujan Es, Begini Penjelasan BMKG

Wilayah Sudiang Makassar Diguyur Hujan Es, Begini Penjelasan BMKG

Hasrul - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 16:44 WIB
Hujan deras disertai angin terjadi di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Di sela peristiwa tersebut, terjadi juga hujan es. (dok Pribadi/Dwi Fitriyani)
Foto: untuk ilustrasi hujan es (dok Pribadi/Dwi Fitriyani)
Makassar -

Wilayah Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) siang tadi diguyur hujan es. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan hujan es turun di Sudiang terjadi karena Makassar sedang berada diperalihan musim.

"Iya betul ada (hujan es) di Makassar," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami ketika dikonfirmasi detikSulsel, Sabtu (1/10/2022).

Fenomena hujan es tersebut terjadi di Sudiang pada Sabtu (1/10) sekitar pukul 14.00 Wita. Wilayah yang terdampak tidak terlalu luas karena hujannya hujan lokal.


"Dari pantauan citra radar BMKG sebenarnya awannya itu cukup kecil, wilayah Makassar bagian Biringkanaya, di atas wilayah itu awannya memang lokal, jadi turunya hujan es di bagian situ saja, memang sangat lokal," katanya.

Nur Asia mengatakan hujan es tidak berlangsung lama hanya sekitar 5 menit saja dan pada umumnya hujan es terjadi di bawah 10 menit. Sementara ukuran es yang jatuh kurang lebih sebesar kelereng.

"Kalau hujan es-nya tidak terlalu lama, kurang dari lima menit, selalu di bawah 10 menit. Hujannya sendiri kurang lebih setengah jam. Kalau diliat dari video yang beredar mungkin seukuran kelereng," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa fenomena hujan es biasanya terjadi saat musim-musim peralihan. Dan hampir setiap tahun terjadi namun di wilayah yang berbeda.

"Mungkin setiap tahun ada tapi tempatnya tidak disitu melulu di Makassar. Hujan es terjadi biasanya saat musim-musim peralihan seperti saat ini," terang Nur Asia.

Lebih lanjut, Nur Asia mengatakan saat hujan es terjadi biasanya diawali dengan angin kencang dan petir. Di mana butiran es jatuh terlebih dahulu.

"Kemudian biasanya dibarengi angin kencang kemudian hujan biasa, tadi ada petir juga," tutupnya.



Simak Video "Hujan Es Melanda Wilayah Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/nvl)