7 Pelanggaran Target Operasi Zebra di Makassar yang Dimulai 3 Oktober 2022

7 Pelanggaran Target Operasi Zebra di Makassar yang Dimulai 3 Oktober 2022

Hasrul - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 13:23 WIB
Ilustrasi Polisi Lalu-lintas (Polantas)
Foto: Ari Saputra
Makassar -

Operasi kepolisian terpusat bersandikan atau Operasi Zebra 2022 akan digelar mulai 3 Oktober 2022. Untuk di wilayah hukum Polresta Makassar ada 7 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran operasi.

"Akan dibentuk 3 UKL (unit kerja lapangan) nanti secara bergantian, target utama dari 7 pada helm dan safety belt, melawan arus dan bermain HP saat berkendara," kata Kasat Lantas Polrestaber Makassar AKBP Zulanda kepada detikSulsel, Sabtu (1/10/2022).

Zulanda mengungkapkan bahwa pada saat operasi nantinya pihaknya juga akan memberikan edukasi dan pembinaan. Khusus pengendara roda dua akan diperkenalkan RKH (ruang henti khusus).


"Kalau roda 2 maka saat ops saya akan memperkenalkan RHK. Untuk pelanggar melawan arus ada pola pembinaan baru yang akan diterapkan pada hari H-nya" terangnya.

Selanjutnya, Zulanda mengatakan kepada pelanggar diberikan waktu 10 hari pengurusan tertulis. Termasuk membuat video ikut mendukung tertib berlalu lintas.

"10 hari peneguran tertulis dan buat video ikut mendukung tertib berlalu lintas dan mengedukasi yang lain untuk tidak melakukan pelanggaran," katanya.

Berikut 7 Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra 2022:

1. Tidak menggunakan helm SNI
2. Pengendara dibawah umur
3. Berboncengan lebih dari satu orang
4. Melawan arus lalu lintas
5. Menggunakan HP saat berkendara
6. Mengemudi dalam pengaruh alkohol
7. Melebihi batas kecepatan



Simak Video "Polri: Operasi Zebra Bukan Kejar Tilang, Tapi Disiplin Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)