Korban Tewas Longsor Tambang Emas Liar di Kotabaru Bertambah Jadi 9 Orang

Kalimantan Selatan

Korban Tewas Longsor Tambang Emas Liar di Kotabaru Bertambah Jadi 9 Orang

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Jumat, 30 Sep 2022 19:06 WIB
Tim SAR kembali menemukan 2 korban tewas akibat longsor di area tambang emas liar di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).
Foto: dok.ist
Kotabaru -

Tim SAR kembali menemukan 2 korban tewas akibat longsor di area tambang emas liar di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kini total korban tewas akibat bencana tersebut menjadi 9 orang, dan 2 korban lainnya masih pencarian.

"Iya benar hari ini kami kembali temukan dua jasad atas nama Sahdi (25) dan Amut (40). Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," kata Kepala Sub Seksi Operasi Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan kepada detikcom, Jumat (30/9/2022).

Amri mengatakan jasad Sahdi ditemukan tim SAR gabungan saat pencarian menggunakan ekskavator pada Jumat (30/9) pukul 10.30 Wita. Sedangkan jasad Amut ditemukan secara manual pada pukul 16.10 Wita.


"Korban pertama ditemukan saat tim menggunakan excavator menggali material longsor dan didapati tubuh korban, sedangkan untuk korban kedua ditemukan warga dan tim saat mencium aroma tidak sedap, dan saat digali korban kedua ditemukan," bebernya.

Jasad keduanya dapat dikenali oleh warga sekitar dari pakaian dan juga ditemukan identitas di tubuh korban.

"Iya korban dikenali dari pakaian dan ditemukan identitas keduanya," ujarnya.

Kini kedua jasad korban tanah longsor tersebut telah dievakuasi ke posko Kikil, Kotabaru. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis.

Amri menambahkan hingga hari ke-4, tim SAR gabungan telah menemukan 15 orang dari total 17 orang yang dilaporkan tertimbun longsor. Rinciannya, 9 ditemukan meninggal dunia, 6 ditemukan selamat, dan 2 orang masih dalam pencarian.

"Dengan ditemukan dua korban ini, kita perkirakan masih ada dua lagi jasad yang diduga masih tertimbun," pungkasnya.



Simak Video "Panas! Warga Banyuwangi Ramai-ramai Tolak Tambang Emas"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)