Calon PAW Anggota Bawaslu Bitung-Minahasa Tunggu Proses Verifikasi

Sulawesi Utara

Calon PAW Anggota Bawaslu Bitung-Minahasa Tunggu Proses Verifikasi

Trisno Mais - detikSulsel
Kamis, 29 Sep 2022 00:15 WIB
Ilustrasi Gedung Bawaslu (Karin-detikcom)
Foto: Ilustrasi Gedung Bawaslu (Karin-detikcom)
Manado -

Proses pergantian antarwaktu (PAW) satu anggota Bawaslu Kota Bitung dan satu anggota Bawaslu Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) menunggu proses verifikasi. Keduanya bakal diisi PAW karena anggota sebelumnya terpilih menjadi anggota Bawaslu Sulut.

"Sambil menunggu pleno, kita akan siap-siap verifikasi PAW di Bitung dan Minahasa yang anggotanya sudah jadi Bawaslu Provinsi," kata Anggota Bawaslu RI, Herwyn Malonda ketika ditemui detikcom, di Manado, Rabu (28/9/2022).

Mereka yang akan di-PAW yakni Zulkifli Densi, anggota Bawaslu Kota Bitung dan Donny Rumagit yang merupakan anggota Bawaslu Minahasa. Keduanya terpilih menjadi anggota Bawaslu Sulut untuk masa jabatan 2022-2027.


Menurut Herwyn, verifikasi akan dilakukan untuk para calon pengganti anggota Bawaslu yang di-PAW. Calon pengganti anggota Bawaslu ini disesuaikan dengan rangking pada proses seleksi sebelumnya.

"Tinggal dicek lagi kesiapannya calonnya. (Penggantian) Berdasarkan rangking yang ditetapkan pada periode sebelumnya," tuturnya.

Anggota Bawaslu Sulut, Awaluddin Umbola yang dikonfirmasi terpisah mengatakan pihaknya hingga kini masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu RI terkait dengan proses PAW. Tugas Bawaslu di provinsi hanya membantu terkait dengan proses verifikasi. Selebihnya, kata dia, PAW merupakan kewenangan Bawaslu RI.

"PAW itu kewenangan Bawaslu RI, kita di provinsi hanya memfasilitasi saja kalau ada kebutuhan terkait proses verifikasi kembali oleh Bawaslu RI terhadap daftar tunggu sehingga bagaimana mekanisme dan proses verifikasi dan jadwal pelaksanaan klarifikasi itu tergantung Bawaslu RI," ujarnya.

Termasuk soal kapan pelaksanaan proses PAW, Awaluddin mengaku belum ada petunjuk teknis terkait hal tersebut.

"Lagi menunggu, memang ada info katanya besok ada proses klarifikasi, tapi surat resmi belum kami terima," pungkasnya



Simak Video "Komisi II Minta Bawaslu Bedakan Money Politics dan Uang Transport Timses"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)