Ulah Pemulung Bakar Sampah Bikin TPA Antang Makassar Kebakaran 4 Jam 30 Menit

Tim detikSulsel - detikSulsel
Rabu, 28 Sep 2022 05:31 WIB
Kebakaran TPA Antang Makassar.
Petugas melakukan pemadaman di titik api kebakaran TPA Antang Makassar. Foto: (Alfiandis/detikSulsel)
Makassar -

Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran dipicu ulah pemulung yang membakar sampah di lokasi kejadian.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 12.30 Wita. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) awalnya langsung mengerahkan 6 unit armada untuk menuju ke lokasi melakukan pemadaman.

"Sumber kejadian sementara (karena) pemulung bakar sampah," ungkap Kepala Dinas Damkar Makassar Hasanuddin dalam keterangannya, Selasa (27/9).


Akibat adanya pembakaran sampah itu, membuat tumpukan sampah lain di sekitarnya ikut terbakar. Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 400 meter persegi.

"Luas obyek kejadian 400 m2," sebut pria yang akrab disapa Mancu itu.

Butuh 4 Jam 30 Menit Padamkan Api

Proses pemadaman terkendala kondisi tumpukan sampah yang terjal sehingga membuat petugas kesulitan mendekati titik api. Petugas Damkar Makassar akhirnya baru bisa memadamkan api setelah 4 jam 30 menit.

Pantauan detikSulsel, petugas masih melakukan pemadaman dari pukul 12.30 Wita hingga pukul 15.35 Wita. Hingga 3 jam lebih, petugas masih berjibaku dengan titik-titik api yang menyebar.

Terlihat di lokasi, sumber api-api kecil masih menyala di beberapa titik. Sementara di beberapa bagian sudah padam, namun masih mengeluarkan sisa-sisa asap.

Satu ekskavator juga tampak dikerahkan membantu petugas untuk memisahkan tumpukan sampah yang sudah dan belum terbakar. Ini dilakukan untuk menghindari api menjalar ke sisi lainnya.

Total ada 35 petugas yang dikerahkan ke lokasi kebakaran tersebut. Sementara api baru bisa dikendalikan pada pukul 16.55 Wita setelah mengerahkan 14 armada damkar.

"Waktu armada dan personil meninggalkan lokasi pukul 16:55 Wita," ungkap Mancu.

"Lama pemadaman 4 jam 30 menit," imbuhnya.



Simak Video "Rapat dari Pagi Sampai Malam, 5 Mahasiswi di Makassar Kesurupan"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/alk)