Kebakaran di TPA Antang Makassar Dipicu Pemulung Bakar Sampah

Andi Nur Isman - detikSulsel
Selasa, 27 Sep 2022 16:54 WIB
Kebakaran TPA Antang
Proses pemadaman kebakaran di TPA Antang Makassar. Foto: Alfiandis/detikSulsel
Makassar -

Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah berhasil dipadamkan. Dugaan sementara, kebakaran dipicu pemulung yang membakar sampah di lokasi kejadian.

"Sumber kejadian sementara (karena) pemulung bakar sampah," ungkap Kepala Dinas Pemadan Kebakaran (Damkar) Makassar Hasanuddin dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Pria yang akrab disapa Mancu ini mengatakan luas lahan yang terbakar sekitar 400 meter persegi. Lokasi kebakaran berada di bagian belakang TPA Antang.


"Luas obyek kejadian 400 m2," sebut Mancu.

Sebelumnya, kebakaran di TPA Antang, Makassar dilaporkan sudah padam. Petugas damkar butuh waktu 4 jam 30 menit untuk memadamkan api.

"Alhamdulillah (proses pemadaman) tuntas," kata Kepala Dinas Damkar Makassar Hasanuddin dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Petugas Damkar dilaporkan mulai melakukan pemadaman sejak pukul 12.30 Wita. Kemudian api baru bisa dikendalikan pada pukul 16.55 Wita.

"Waktu armada dan personil meninggalkan lokasi pukul 16:55 Wita," ungkap pria yang akrab disapa Mancu ini.

Mancu mengungkapkan total ada 14 armada damkar yang dikerahkan ke lokasi. Sementara kekuatan personel yang dikerahkan sebanyak 35 orang.

"Lama pemadaman 4 jam 30 menit," imbuhnya.



Simak Video "Rapat dari Pagi Sampai Malam, 5 Mahasiswi di Makassar Kesurupan"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)